Pengumuman Kelulusan Sore nanti, Disdik Riau Harap Tidak Konvoi dan Coret-Coretan

id pengumuman kelulusan, sore nanti, disdik riau, harap tidak, konvoi dan coret-coretan

Pengumuman Kelulusan Sore nanti, Disdik Riau Harap Tidak Konvoi dan Coret-Coretan

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pelaksana harian (Plh) Kepala Dinas Pendidikan Riau, Indra Agus Lukman meminta para siswa tingkat SMA sederajat tidak merayakan kelulusan secara berlebihan hingga menggangu ketertiban umum bahkan rawan tauran.

"Pengumuman Ujian Nasional tingkat SMA sederajat di Riau dilakukan pada Kamis sore nanti pukul 17.00 WIB. Waktu ini tidak boleh dimajukan dan tidak boleh dimundurkan, " kata Indra Agus Lukman di Pekanbaru, Kamis.

Indra Agus Lukman menyambut kelulusan hendaknya cukup dengan bersyukur dan tentunya memikirkan kelanjutan pendidikan yang lebih tinggi lagi ke perguruan tinggi.

Ia mengingatkan kepada seluruh siswa SMA dan SMK untuk tidak berlebihan merayakan kelulusan apalagi sampai berkonvoi dan mengganggu lalu lintas.

"Tidak harus melakukan konvoi dan mengganggu jalanan. Kan masih melanjutkan pendidikan dan lulus SMA dan SMK bukan akhir dari semuanya, jadi tidak perlu dirayakan berlebihan," sarannya.

Kepada pihak sekolah juga Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau mengajak untuk menjaga siswanya tidak merayakan secara berlebihan.

"Isi dengan kegiatan positif jangan sampai ada kegiatan yang merusak generasi kita, sekolah juga harus ikut mengawasi, "ujar Indra.

Terkait teknis pengumuman sambung dia diserahkan kepada sekolah masing-masing.

"Sekolah masing-masing yang akan mengumumkan kelulusan, kelulusan ini berdasarkan hasil seluruh nilai siswa di sekolah dan penilaian moral dan etika siswa, "ujar.

Ia menambahkan kelulusan tidak ditentukan nilai saat Ujian Nasional saja baik itu dengan sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) maupun Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP).

Namun berdasarkan hasil seluruh nilai siswa di sekolah dan penilaian moral dan etika.

"Hasil UN kita tahun ini naik sebesar 1,2 persen dari hasil UN tahun lalu," imbuhnya.

Engel salah satu siswa SMA swasta di Pekanbaru mengaku bahwa mereka Kamis sore di suruh ke sekolah untuk melihat nomor kelulusan.

Ia mengaku lumayan dek-dekan menanti pengumuman tiba, walau yakin akan lulus.

"Rencananya cuma lihat pengumuman saja lalu kumpul bareng teman tidak ada acara khusus, " ujarnya singkat.

***4***