Sukses Kembangkan Program Gerakan PAUD Berkualitas, Bupati Kampar Terima Penghargaan

id sukses kembangkan, program gerakan, paud berkualitas, bupati kampar, terima penghargaan

Sukses Kembangkan Program Gerakan PAUD Berkualitas, Bupati Kampar Terima Penghargaan

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Bupati Kampar H Azis Zaenal,SH menerima Penghargaan dalam acara Puncak Gebyar PAUD dan Penganugerahan Tingkat Provinsi Riau 2017, atas dedikasinya mewujudkan program gerakan daerah PAUD berkualitas.

Penghargaan tersebut tidak terlepas dari perhatian Pemerintah Kabupaten Kampar terhadap kualitas dunia pendidikan dimulai dari Pendidikan Anak Usia Dini, dengan melibatkan komitmen semua pihak sehingga program ini mampu berjalan dengan baik.

Bupati Azis mendorong penuh terlaksananya program satu desa satu PAUD yang merupakan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang sudah menjadi gerakan nasional untuk mencapai target penyediaan pendidikan yang berkualitas di Indonesia.

"Program Satu Desa Satu PAUD merupakan program yang baik dan hal ini mesti didukung semua pihak, baik dalam struktur maupun dalam hal administrasi serta honor para guru PAUD," ujar Azis.



Dikatannya, usia dini merupakan masa keemasan anak, sehingga anak harus dibekali dengan penguatan pendidikan karakter sebagai dasar untuk menempuh pendidikan lanjutan. Sebab, melalui edukasi yang ditanamkan secara dini akan membentuk kepribadian anak menjadi generasi penerus yang berkarakter dan unggul di masa akan datang.

Melalui pendidikan pra sekolah ini juga, selain mental, seoarang anak dipersiapkan secara matang untuk bersaing, mempunyai ketrampilan tersendiri, menjadi seorang pemipin yang handal, dan berani tampil ditengah-tengah masyarakat. Setiap anak mempunyai hak untuk hidup dan berkembang, pemberian imunisasi, ASI, gizi, kesehatan, dan monitoring pertumbuhan.

"Semoga dengan pemberian beberapa kategori penghargaan ini, kedepan menjadi Motivasi bagi para Bunda PAUD, Camat, Kades dan Guru PAUD khsusunya yang di Kabupaetn Kampar untuk lebih meningkakan dalam mutu pendidikan."terang Azis.

Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rahcman mengatakan gebyar PAUD dan penganugrahan ini dicanangkan untuk meningkatkan angka partisipasi kasar (APK) PAUD di beberapa daerah di Indonesia masih di bawah rata-rata nasinal. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah dalam meningkatkan peran PAUD di Riau.

"Kami berharap pemerintah daerah dapat meningkatkan kualitas PAUD di daerahnya masing-masing, karena kualitas PAUD sangat berperan penting pada pendidikan anak," sebut Pria yang akrab disapa Andi Rachman itu.

Politisi Partai Golkar ini juga mengakui, bahwa kunci kecerdasan karakter berada di usia emas (golden age) 1-5 tahun. Pada usia tersebut, anak harus mendapatkan gizi yang cukup, kesehatan yang baik, dan pemahaman agama juga untuk tumbuh kembangnya anak tersebut.



Menurutnya, ada empat langkah strategis untuk meningkatkan kualitas PAUD, yaitu melalui penguatan kelembagaan penyelenggaraan PAUD, peningkatan kualitas pendamping atau guru yang terlibat pada PAUD, peningkatan kualitas bahan pembelajaran bagi anak usia dini dan peningkatan sarana dan prasarana untuk penyelenggaraan PAUD.

Sebab, generasi emas yang ada pada diri anak-anak yang ada saat ini lah yang akan mengantarkan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang bermatabat. Begitu juga dengan masa depan Riau dan masa depan bangsa Indonesia akan ditentukan oleh anak-anak yang hadir dalam acara ini.

Hadir juga pada acara tersebut, Dirut Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini R Ella Yulaelawati,M.A,Ph.D, Bunda PAUD Provinsi Riau Silsilita Arsyadjuliandy, Para Bupati/Walikota Se-Riau serta para Bunda PAUD Se-Prrovinsi Riau

Selain menerima penghargaan, Bupati Kampar juga melakukan penandatanganan Komitmen Bersama Penuntasan Ikut PAUD tahun PraSD tahun 2017. Selanjutnya Bunda PAUD Kabupaten Kampar Hj Nura'aini juga menerima Piagam Penghargaan Anugerah PAUD Provinsi Riau selaku Budan PAUD terbaik Kabupaten Kampar.

Kemudian Piagam Penghargaan juga diberikan kepada Mulatua,S.Sos,M.Si Camat Bangkinang Kota atas Pertisipasinya dalam mewujudkan Gerakan Daerah PAUD Berkualitas, Piagam Penghargaan Jundri kepala Desa Pangkalan Serik Siak Hulu atas Pertisipasinya dalam mewujudkan Gerakan Daerah PAUD Berkualitas.

Kemudian juga Piagam Penghargaan Jahria, S.Pdi Bunda PAUD Desa Bukit Keratai atas Pertisipasinya dalam mewujudkan Gerakan Daerah PAUD Berkualitas, Piagam Penghargaan kepada Novi Safrina,A.Mk Bunda PAUD Kecamatan Gunung Sahilan atas Pertisipasinya dalam mewujudkan Gerakan Daerah PAUD Berkualitas serta Piagam Penghargaan Mardiyah,S.Pd atas pengabdian menjadi Guru PAUD selama 24 tahun di Kabupaten Kampar. (ADV)