Lima Seniman Kaligrafi Riau Berjaya Ditingkat Nasional

id lima seniman, kaligrafi riau, berjaya ditingkat nasional

Lima Seniman Kaligrafi Riau Berjaya Ditingkat Nasional

Pekanbaru (Antarariau.com) - Sebanyak lima kaligrafer asal Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, juarai festifal kaligrafi Islam Indonesia di Jakarta.

"Kelima Kaligrafer Riau berprestasi itu di antaranya adalah Puji Lestari asal Kecamatan Kubu sebagai juara II golongan kaligrafi kontemporer putri, Fitri Nuriza asal Kecamatan Kubu juara II golongan kaligrafi mushaf," kata

Sekretaris LPTQ Rokan Hilir Zakifri, SHI, di Rohil, Senin.

Selain itu kaligrafer Rohil yang mengharumkan nama Riau adalah Syahruzi juga asal Kecamatan Kubu meraih juara harapan I kaligrafi mushaf putra, berikutnya Muhammad Ridwan asal Kecamatan Balai Jaya sebagai juara harapan I kaligrafi dekorasi putra dan Ivo Nilawati asal Kecamatan Balai Jaya juga juara harapan III golongan dekorasi putra.

Menurut dia, Rohil mengirimkan 6 kaligrafer dan hanya satu kaligrafer yang belum berhasil pada ajang festival kaligrafi Islam nasional itu.

"Pada ajang festival seni kaligrafi di Jakarta tersebut Riau mendapat urutan ke 3 dengan total nilai 6 setelah Provinsi Banten," katanya.

Prestasi yang sama, katanya lagi diharapkan dapat kembali diukir kaligrafer Rohil pada MTQ Provinsi Riau XXXVI yang akan digelar di Kota Dumai.

Oleh karena itu dalam rangka persiapan MTQ tingkat Provinsi tersebut, katanya, 6 kaligrafer asal Rohil tersebut tetap tinggal untuk beberapa hari di Jakarta dalam rangakain mematangkan persiapan latihannya.

Kaligrafi adalah ilmu yang mempelajari bermacam bentuk huruf tunggal, pisah dan tataletaknya serta metode cara merangkainya menjadi susunan kata atau cara penulisannya di atas kertas dan sebagainya.