TMMD Ke 98 Korem 031/WB Inhu Akhirnya Tuntas

id tmmd ke, 98 korem, 031wb inhu, akhirnya tuntas

TMMD Ke 98 Korem 031/WB Inhu Akhirnya Tuntas

Pekanbaru (Antarariau.com) - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 98 tahun 2017 yang digelar Komando Resor Militer 031 Wirabima bersama Komando Distrik Militer 0302 di Indragiri Hulu, Provinsi Riau pada Kamis resmi berakhir.

"Pelaksanaan TMMD ke 98 yang berlangsung selama satu bulan telah banyak memberikan manfaat bagi masyarakat setempat," kata Komandan Resor Militer 031/WB, Brigadir Jenderal TNI Abdul Karim dalam siaran pers yang diterima Antara di Pekanbaru.

Danrem mengutarakan melalui TMMD berbagai sasaran fisik maupun non fisik telah rampung dikerjakan. Diantaranya adalah pembangunan jalan sepanjang 1,8 kilometer (Km) di Talang Jerinjing guna membuka isolasi bagi warga Suku Talang Mamak.

Melalui program itu, TNI berusaha membuka impian sekitar 300 orang suku Talang Mamak yang selama ini terisolir dari dunia luar. Selain membangun jalan, TNI juga membangun drainase yang melibatkan masyarakat setempat.

Dari catatan Antara, TMMD ke 98 yang menarik untuk dicatat adalah upaya sosialisasi kebangsaan, yang juga dilakukan ke Suku Talang Mamak.

Bela negara bukan hanya berperang mempertahankan diri dari musuh tetapi juga membangun mental dan jiwa," kata Kepala Staf Kodim 0302 Mayor Indra M Samosir medio April 2017 lalu.

Indra mengatakan TMMD ke-98 Kodim 0302 kali ini di Desa Talang Jerinjing, Kecamatan Rengat Barat menyasar warga masyarakat Suku Talang Mamak agar mengenal dan mengetahui apa itu kebangsaan dan bela negara.

Selain itu, dalam kegiatan itu TNI juga memberikan motivasi kepada seluruh warga Desa Talang Jerinjing termasuk Suku Talang Mamak agar lebih memperhatikan pendidikan anak-anak mereka.

"Sebab menyekolahkan anak juga termasuk bela negara. Jadi marilah kita memberikan pendidikan yang setinggi- tingginya untuk anak -anak generasi kita," ajaknya menggugah para orang tua.

Menariknya, dalam sosialisasi tersebut Mayor Indra M Samosir juga menguji empat pelajar SD dari Suku Talang Mamak untuk maju ke depan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya di hadapan para undangan kegiatan TMMD.

Di luar dugaan ke empat murid SD itu berani dan berhasil menunjukkan kemampuannya. Sehingga kondisi ini membawa rasa haru bagi para tetua Suku Talang Mamak yang hadir.

Bahkan Ketua adat suku Talang Mamak Batin Jamin yang sedang duduk di kursi paling depan bersama Sekdes Talang Jerinjing Bustanul Arifin, bertepuk tangan terharu lalu mengusap airmata.

Selain ditutup langsung oleh Danrem, proses penutupan TMMD dan Dandim 0302/Inhu Letkol Inf Mujiburrahman Hadi, penutupan juga dihadiri oleh forum komunikasi pimpinan daerah setempat.