Indra Sjafri Akui Temukan Pengganti Evan Dimas

id indra sjafri, akui temukan, pengganti evan dimas

Indra Sjafri Akui Temukan Pengganti Evan Dimas

Pekanbaru (Antarariau.com) - Pelatih tim nasional U-19 Indra Sjafri mengatakan pembinaan pemain usia muda di Indonesia berjalan baik pasca terbentuknya Timnas U-19 U-19 satu era Evan Dimas dan kawan-kawan.

"Pembinaan bergerak, di Jawa, Sumatera, dan wilayah timur seluruhnya bergerak. Termasuk Kepulauan Riau bergerak sejak dulu sukses U-19," kata Indra di Pekanbaru, Kamis.

Indra Sjafri menggelar seleksi Timnas U-19 regional Sumatera di Stadion Utama Riau, Kota Pekanbaru pada Rabu dan Kamis, 8-9 Maret 2017.

Sebanyak 33 pesepak bola belia dari lima provinsi mengikuti seleksi tersebut. Diantaranya adalah Riau, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Aceh, dan Kepulauan Riau.

Sebelum menggelar seleksi regional di Sumatera, Indra terlebih dahulu blusukan ke sejumlah Provinsi dari Sabang hingga Merauke.

Secara umum, dia menyimpulkan pemain muda di Indonesia telah berkembang dengan baik, berkat pembinaan yang terarah. Dia menuturkan, pembinaan itu tidak lepas dari suksesnya Timnas U-19 jilid satu yang berhasil membawa Indonesia meraih juara AFF U-19 2013 silam.

Lebih jauh, dari blusukannya kali ini Indra mengklaim telah menemukan sosok-sosok pengganti Evan Dimas dan kawan-kawan pada Timnas U-19 jilid satu itu.

"Lebih bagus dari Evan Dimas pun banyak," ujarnya sambil tertawa saat disinggung Antara terkait hasil blusukannya tersebut.

Timnas U-19 sendiri akan membawa nama Indonesia di Piala AFF di Myanmar pada September 2017, kualifikasi-putaran final Piala Asia tahun 2018 dan diharapkan bisa menembus Piala Dunia U-20 tahun 2019.

Sekretaris Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Riau, Zulfahmi Adrian mengatakan sebanyak 33 pemain yang lolos seleksi di lima provinsi mengikuti seleksi tersebut.

Mereka berasal dari Provinsi Riau, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Kepulauan Riau. "Masing-masing provinsi ada sekitar lima hingga enam pemain. Khusus Riau, ada 13 pemain yang akan diseleksi," jelasnya.

Ia merincikan ke 13 pemain sepakbola muda Riau yang lolos itu adalah Syarifudin Hidayatullah, Alan Sabilah, Wahyu Ramadhan, Ilham Syafri Noer, Ali Muhammad Ichsan, M. Rofiul Mukminin, Faizan, Rahma Niko, Firman Nurhakim, Roberto Rigyaldo Fautnine, Ghulam Fatkur Rahman, Ahmad Haikal, dan M Syahrul Reza. Mereka semua merupakan pilihan Indra Sjafri pada seleksi akhir Februari 2017.