Fakta Unik Tentang Danau Toba

id fakta unik, tentang danau toba

Fakta Unik Tentang Danau Toba

Jakarta (Antarariau.com)– Sebagai salah satu destinasi wisata ternama di Indonesia bahkan dunia, pesona dan keindahan Danau Toba mengundang decak kagum para turis yang mengunjunginya. Namun, tahukah Anda bahwa terdapat fakta-fakta unik seputar salah satu destinasi alam yang cantik itu, berikut ini lima faktanya.

1. Dulunya gunung api purba raksasa

Siapa sangka bahwa danau toba yang begitu indah ini dahulunya merupakan daratan tempat gunung berapi raksasa atau supervolcano di masa purba. Ukuran gunung ini memang belum diketahui hingga sekarang, namun banyak ahli bahwa panjang danau toba yakni 100 meter dengan lebar 30 meter dan luas sekitar 1.145 kilometer persegi dianggap sebagai ukuran dari gunung raksasa tersebut.

2. Tiga letusannya nyaris memusnahkan umat manusia

Kalau kalian pernah melihat film-film seputar kiamat atau bencana super dahsyat seperti “Deep Impact”, “2012” atau “Days After Tomorrow” mungkin begitulah kira-kira dampak letusan gunung supervolcano Toba yang menyisakan jumlah umat manusia hingga 5.000 orang.

Nah, letusan mahadahsyat inilah yang kemudian membentuk Danau Toba seperti sekarang. Bayangkan saja tiga letusan gunung ini yang terjadi 74 ribu tahun lalu langsung memicu tsunami raksasa dan menurunkan iklim Bumi hingga 16 derajat celsius. Selain itu, abu vulkaniknya menutup sinar matahari selama enam tahun, kebayang kan bagaimana rasanya tidak melihat matahari selama bertahun-tahun.

3. Danau di atas danau

Fakta unik lainnya dari Danau Toba adalah adanya danau kembar di Pulau Samosir yang merupakan bagian dari danau besar tersebut. Keberadaan Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang merupakan danau kembar yang berada di pulau tersebut. Sungguh ajaib bahwa di atas Danau Toba ada dua danau lagi.

4. Habitat asli Ikan Batak

Danau Toba bukan menjadi rumah bagi Pulau Samosir dan danau kembarnya, melainkan juga habitat asli bagi satu-satunya species ikan Neolissochilus thienemanni atau Ikan Batak yang hanya ditemukan dan hidup di danau tersebut.

Ikan ini kalau dilihat memiliki 10 baris pori-pori yang tidak teratur dan hanya dikonsumsi jika ada upacara adat. Satu ekor Ikan Batak dengan berat kurang lebih 100 gram dijual seharga Rp50 ribu.

5. Patung yang menari-nari

Patung yang menari atau disebut juga Patung Sigale-gale merupakan salah satu hal menarik dalam gelaran Festival Danau Toba. Setiap tahunnya ketika festival meriah digelar danau tersebut,seorang dalang akan memainkan patung ini dengan diiringi lantunan lagu dari alat musik tradisional. Konon, patung Sigale-gale dibuat demi menghormati putra raja di wilayah Toba yang gugur dalam perang. Demikian tulis GoHitz.

Komentar