PLT Sekda: Karya Ilmiah AKN Bengkalis Harus Dikembangkan

id plt sekda, karya ilmiah, akn bengkalis, harus dikembangkan

Bengkalis (Antarariau.com)- Perguruan tinggi Akademi Komunitas Negeri (AKN) Bengkalis berhasil meraih juara pertama lomba karya ilmiah penelitian mandiri kategori umum se-Provinsi Riau, yang digelar Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Bengkalis, Riau.

"Tentunya para pemenang telah dinilai dengan baik dan mempertimbangkan asas manfaat, sehingga temuan atau karya yang dihasilkan, tidak hanya menjadi bahan pameran atau pajangan belaka. Namun harus diarahkan agar menjadi teknologi tepat guna yang bisa dimanfaatkan bagi kemaslahatan masyarakat," kata Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Bengkalis, H Arianto usai menyerahkan hadiah kepada pemenang, Selasa.

Ia mengatakan, selaku pemerintah daerah, ia mengaku akan berupaya memfasilitasi berbagai penetilian yang dihasilkan, agar tidak terabaikan dan dapat dimanfaatkan secara massal.

"Kita siap mendukung jika hasil karya dari anak-anak kita benar-benar bermanfaat. Dan kepada perguruan tinggi atau sekolah, kami juga meminta untuk memfasilitasi para peneliti muda agar berinovasi dan berkontribusi, sehingga dapat meningkatkan daya saing, supaya sumber daya manusia kita bisa disejajarkan dengan negara-negara lainnya, apalagi kita dihadapkan dengan masyarakat ekonomi asia," ujar Arianto.

Juara satu, AKN Bengkalis yang diketuai oleh Alfansuri ST. M.Sc, memaparkan karya ilmiahnya dengan judul proposal, "Kajian Performansi Mesin Genset Otto Berbahan Bakar Minyak Plastik dari Hasil Pirolisis Sebagai Upaya Penanggulangan Limbah Plastik Masyarakat Bengkalis".

Sedangkan untuk juara kedua dalam penelitian mandiri kategori umum se-Provinsi Riau itu diraih oleh Universitas Negeri Riau (UNRI) yang diketuai Dr. Romie Jhonnerie, S.Pi, M.Sc dengan judul proposal, "penggunaan pesawat tanpa awak untuk pengawasan dan pemetaan sumber daya mangrove".

Selanjutnya juara ke tiga diraih oleh, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau, yang diketuai oleh Dr. Arsyadi Ali, S.Pt, M.Agr, Sc, dengan proposal "Rancang bangun mesin wafer melalui sistem press dan panas sebagai penghasil pakan ternak sapi bali berbahan dasar limbah sayur organic".

Sementara itu, juara pertama lomba karya ilmiah penelitian mandiri kategori pelajar tingkat SLTA/sederajat se-Kabupaten Bengkalis (jurusan IPS), diraih oleh Ali Amran dari SMK Negeri 3 Bengkalis, dengan judul proposal, "simulasi pembelajaran tari zapin berbasis animasi", dan peraih juara satu lomba karya ilmiah penelitian mandiri kategori pelajar tingkat SLTA/sederajat se-Kabupaten Bengkalis (jurusan IPA), diraih oleh SMK Negeri 1 Rupat, atas nama Ica Arianti, Rian Saputra dan Utari Elfial, dengan judul proposal, "pemanfaatan limbah cair ares pisang menjadi pupuk organik cair".

Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Komentar