Pemkab Bengkalis Dapatkan 169 Unit Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya

id pemkab bengkalis, dapatkan 169, unit bantuan, stimulan perumahan swadaya

Pemkab Bengkalis Dapatkan 169 Unit Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya

Bengkalis, (Antarariau.com)- Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, dapatkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang merupakan program dari pemerintah pusat sebanyak 169 unit.

“Alhamdulillah, pada tahun ini, Kabupaten Bengkalis mendapatkan 169 unit BSPS yang pekerjaannya akan dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Riau, melalui Dinas Pekerjaan Umum,” kata Wakil Bupati Bengkalis, Muhammad di Bengkalis, Jumat.

Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bengkalis sangat mendukung pelaksanaan program BSPS yang akan dicanangkan di tiga Kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkalis pada tahun 2016 ini.

Adapun ketiga kecamatan yang memperoleh BSPS tersebut diantaranya kecamatan Bantan tepatnya di Desa Kembung Luar akan mendapat 37 unit bantuan stimulan, Kecamatan Bukit Batu di Desa Sungai Selari 31 unit bantuan, sedangkan Kecamatan Rupat di Desa Pangkalan Nyerih 32, Kelurahan Tanjung Kapal 33, Desa Teluk Lecah 36 unit.

Pemerintah Provinsi Riau telah menetapkan besarnya bantuan yang akan diberikan sebesar Rp 15 juta untuk kriteria rumah yang rusak berat, rumah yang dinilai rusak sedang akan diberi bantuan sebesar Rp 10 juta, dan rusak ringan akan diberi bantuan sebesar Rp 7,5 juta, per unitnya.

Program BSPS yang merupakan pencanangan kegiatan dari Pemerintah Pusat ini akan direalisasikan setelah tim fasilitator menentukan dan merekap hasil survey yang ada dilapangan.

“Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Riau, telah membentuk tim yang akan melakukan survey ke lapangan untuk tiga Kecamatan di Kabupaten Bengkalis, adapun kriteria yang akan menjadi penilaian nantinya adalah “ALADIN”, yakni Atap Lantai Dinding,” katanya.

Ia menjelaskan, tim tersebut dibentuk agar masyarakat yang akan menerima bantuan BSPS tersebut, adalah masyarakat yang benar-benar berhak untuk menerimanya, dan dinilai layak untuk memiliki rumah layak huni tersebut. Agar terciptanya lingkungan yang sehat, nyaman, damai dan tentram.