Dumai Tempati Peringkat Terakhir MTQ Riau

id dumai tempati, peringkat terakhir, mtq riau

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Kontingen Kota Dumai belum mampu mengangkat prestasi dalam ajang MTQ ke 34 Provinsi Riau di Kabupaten Siak karena kembali menempati peringkat terakhir dari 12 kabupaten kota peserta.

Kontingen Dumai yang mengutus 27 kafilah dalam MTQ yang resmi berakhir pada Sabtu pekan lalu itu hanya bisa memenangi dua nomor perlombaan, yaitu naskah putra atas nama Syahrani dan Tartil oleh Gina Salsabila.

"Meski posisi 12, namun yang terpenting ada dua qori dan qoriah terbaik kita yang berhasil memenangi perlombaan naskah putra dan tartil putri," kata Ketua Kontingen Dumai Zakaria kepada pers, di Dumai, Senin.

Dia menyebutkan, hasil dari perlombaan seni baca Alquran tingkat Riau ini akan dievaluasi bersama Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Dumai untuk perbaikan di masa mendatang.

Selain dua orang tersebut, sejumlah kafilah Dumai juga berhasil meraih juara pada sejumlah kategori, namun hanya posisi pemenang harapan dari berbagai cabang.

"Kafilah kita telah memberikan yang terbaik karena sebelumnya telah menjalani pelatihan dan pembinaan di LPTQ secara rutin dan intensif untuk mengikuti lima cabang perlombaan dalam MTQ Riau," ujar dia.

Disamping itu, dia berharap agar pemerintah lebih meningkatkan perhatian dalam pembinaan qori dan qoriah untuk mendorong kemajuan dan prestasi ke arah yang lebih baik lagi.

"Tenaga pembimbing di LPTQ harus orang yang paham dan menguasai seni baca Alquran sehingga pembinaan berjalan baik dengan harapan ke depan bisa berprestasi," ungkap dia.

Sementara, Kepala LPTQ Dumai Darmawan menyebutkan, kafilah mengikuti cabang tartil, tilawah, qiraat, fahmil, syarhil, hifsil, MMQ dan khatil dalam ajang MTQ ke 34 Tingkat Provinsi Riau ini.

"Dumai mengutus 28 kafilah dan ratusan penggembira serta peserta pawai taaruf terdiri dari kesenian daerah, pelajar, kepala instansi dan tenaga pendidik," terangnya.

MTQ Riau resmi ditutup oleh Bupati Siak Syamsuar pada Sabtu 21 November 2015 dan keluar sebagai juara umum Kabupaten Rokan Hulu dengan pengumpulan 77 poin dari 21 cabang perlombaan.