Kasus Diare Di Indragiri Hilir Meningkat

id , kasus diare, di indragiri, hilir meningkat

Tembilahan, (Antarariau.com) - Kasus diare yang terjadi di wilayah Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau, mulai meningkat secara

merata hampir di seluruh wilayah kecamatan.

"Peningkatan di sini dimaksudkan bahwa daerah yang biasanya tidak terdapat kasus diare saat ini mulai muncul," kata Plt Kepala

Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir Saut Pakhpahan, Selasa.

Dia mengatakan bahwa di beberapa daerah peningkatannya terjadi secara mendadak dan banyak.

"Data harian yang kami peroleh kasus diare per harinya mencapai 21 kasus," katanya sai menghadiri Orientasi Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja (PKBR) se-Kabupaten Inhil di Tembilahan.

Menyikapi hal ini pihaknya membentuk tim beranggotakan petugas dari dinas kesehatan, rumah sakit, dan puskesmas untuk melakukan penyuluhan dan membuka posko 24 jam kemudian melakukan pengobatan serta perawatan.

Dia mengatakan daerah yang rentan mengalami diare adalah Kecamatan Pelangiran dan Sungai Piring.

Berdasarkan informasi dari petugas kesehatan di lapangan terjadinya peningkatan kasus diare di daerah itu dipicu karena banyaknya warga yang mengkomsumsi air tidak steril untuk keperluan sehari-hari.

"Banyak warga yang menggunakan air tidak steril untuk mencuci piring, namun kalau untuk minum mereka tetap merebusnya," jelasnya.

Dia berharap dengan adanya petugas kesehatan di lapangan dapat meredam perluasan penderita diare yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir. Kemudian kepada petugas kesehatan diimbau agar dapat cepat tanggap menangani permasalahan kesehatan warga.

"Bagi masyarakat yang mulai merasa terkena diare dimohon segera ke Puskesmas terdekat untuk segera diobati, gratis," paparnya.

Untuk mencegah diri tidak terkena diare, dia mengimbau kepada masyarakat agar merebus air minum terlebih dahulu hingga benar-benar mendidih, dan sebaiknya masyarakat juga menggunakan air yang telah direbus untuk kegiatan mencuci piring dan peralatan dapurnya.

"Kuman penyebab diare dapat menempel pada peralatan dapur itu," kata dia. (Adv)