Dumai Dirikan Pasar Ramadhan Di Delapan Lokasi

id dumai, dirikan pasar, ramadhan di, delapan lokasi

 Dumai Dirikan Pasar Ramadhan Di Delapan Lokasi



Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Dumai Riau melalui Kantor Pelayanan Pasar Kota Dumai Riau akan mendirikan pasar kuliner Ramadhan di delapan lokasi terpencar di tujuh kecamatan daerah itu.

Kepala KKP Dumai Bambang Wardoyo di Dumai, Sabtu, mengatakan, pendirian pasar kaget ini merupakan rutinitas pemerintah sebagai kesiapan menyambut masuknya bulan puasa bagi umat Islam.

"Pasar Ramadhan ini bertujuan mengakomodir keinginan masyarakat yang hendak berjualan kuliner untuk hidangan berbuka puasa umat Muslim nanti," katanya.

Untuk pengelolaan pasar yang juga dikenal dengan pasar kaget ini, pemerintah menyerahkan kepada masyarakat setempat untuk mendirikan dan menertibkan pedagang yang akan berjualan.

Lokasi yang ditetapkan pemerintah sebagai pasar Ramadhan, di antaranya, di Jalan Jenderal Sudirman, Dock Yard, Marlan Jaya, Sukajadi, Jaya Mukti, Bukit Kapur dan lain sebagainya.

"Kami harapkan pedagang dan pengelola nantinya dapat menjaga ketertiban dan kebersihan lingkungan pasar supaya aktivitas berjalan lancar dan aman," ujarnya.

Untuk kelancaran dan keamanan di pasar kaget, KKP juga telah berkoordinasi dengan sejumlah instansi, seperti Satuan Polisi Pamong Praja, Satuan Polisi Lalu Lintas dan Dinas Perhubungan setempat.

Pembentukan pasar Ramadhan ini diharapkan juga dapat membantu masyarakat pedagang dalam mengais rezeki meningkatkan ekonomi keluarga serta membantu persediaan hidangan berbuka umat Islam.

Seorang warga Dumai Zakaria mengakui setiap bulan suci Ramadhan terus berburu sajian makanan minuman berbuka puasa di pasar kaget karena banyak pilihan dan menggugah selera.

"Karena saya masih sendirian, cenderungnya untuk berbuka puasa itu dengan berburu hidangan ke pasar Ramadhan karena menyajikan aneka rasa dan selera," ujarnya.