Indonesia Dorong Peningkatan Ekspor Ke Oman

id indonesia dorong, peningkatan ekspor, ke oman

Indonesia Dorong Peningkatan Ekspor Ke Oman

Jakarta, (Antarariau.com) - Indonesia melalui Kementerian Perdagangan mendorong peningkatan ekspor ke Oman guna mempertahankan keberlanjutan misi dagang yang menguntungkan bagi dua negara.

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Partogi Pangaribuan dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu, mengatakan pihaknya yakin dengan hubungan diplomasi yang terjadi sejak 1978, kedua negara bisa menjalin hubungan ekonomi yang lebih baik lagi dan saling menguntungkan.

"Kita harapkan hubungan perdagangan bisa ditingkatkan volumenya. Kita tukar barang apa yang ada di Indonesia dan Oman. Kita saling meningkatkan perdagangan dan investasi dalam rangka peningkatan ekspor 300 persen dalam lima tahun," katanya.

Partogi menuturkan, hubungan antara Indonesia dan Oman bagaikan saudara. Pasalnya, selain sama-sama negara dengan penduduk mayoritas muslim, kedua negara juga sama-sama berpenduduk ramah dan menghargai produk negara lain.

Total neraca perdagangan Indonesia-Oman terus mengalami tren peningkatan dalam lima tahun terakhir. Nilai total perdagangan antara kedua negara tercatat mencapai 400 juta dolar AS pada 2013.

Indonesia sempat mengalami surplus pada periode 2008--2010, meski kemudian mengalami penurunan pada periode 2011-2012. Mulai Januari hingga September 2014, tercatat adanya surplus perdagangan dengan Oman, yakni sekitar 200 juta dolar AS.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Oman, Sukanto, mengatakan potensi perdagangan di negara Timur Tengah itu begitu besar. "Sebagian besar barang di Oman itu diimpor. Jadi kita jual apa saja pasti dibeli," ujarnya.

Meski jumlah penduduknya kecil, hanya sekitar empat juta jiwa, tetapi pendapatan perkapita mereka sangat besar, yakni 26.000 dolar AS.