Bupati Buka Pelatihan Aparatur Desa

id bupati buka, pelatihan aparatur desa

Bupati Buka Pelatihan Aparatur Desa

Siak Hulu, (Antarariau.com) - Bupati Kampar H Jefry Noer SH didampingi Ketua TP-PKK sekaligus anggota DPRD Provinsi Riau Hj Eva Yuliana SE membuka pelatihan bagi aparatur desa serta memberikan arahan dalam Inventarisasi Perlengkapan Dan Aset Desa di Hotel Tigadara Kecamatan Siak Hulu. Jumat, (21/11).

Bupati Kampar menegaskan para aparatur pemerintah desa butuh pemahaman fungsi dan tugas pokok jabatan dalam melaksanakan setiap tugas yang dikerjakan sehingga para Kaur Pemerintahan Desa mengetahui semua permasalahan baik administrasi serta inventaris desa. " Saat ini sering terjadi para Kaur di Desa kurang memahami tupoksinya, jangankan Kaur terkadang Kades pun tidak tau fungsinya,"ujar Bupati.

Kepada para Kaur Desa Jefry mengingatkan jangan asal-asal teken atau tandatangan saja, karena takut berhentikan sama kades kemudian Kaur Desa mau menandatangani, lihat dulu aturannya, dan jangan sampai Kaur desa itu menjadi objek penderita bagi kades .

Jefry juga meminta agar seluruh aparatur desa di Kabupaten Kampar tangguh dan mampu melaksanakan tugas, dengan cara memberdayakan perangkat desa, baik RT maupun RW dan jadikan pekerjaan itu sebagai ibadah."Saya harap semua Kaur setiap harinya dapat meningkatakan kemampuan dalam melaksankan pekerjaan demi pembangun desanya," tegasnya.

Ketua Pelaksana Febrynaldi Tri Darmawan, S.ST. M.Si sekaligus sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa dalam laporannya menjelaskan tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kepada peserta pelatihan terhadap pengelolaan dalam meinventarisasi perlengkapan dan asset desa dengan baik sesuai dengan Peraturan dan Perundang-undangan yang berlaku sehingga pelaksnaan pertanggungjawaban Pemerintah desa dapat dapat dilaksanakan dengan baik sebagaimana yang diamanatkan oleh Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Perlaksanaan Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa.

Adapun peserta yang mengikuti pelatihan adalah Kaur Umum Desa dari Kecamatan XIII Koto Kampar, Kuok, Salo, Bangkinang, Kampar, Rumbuo Jaya, Kampar Utara, Kampar Timur, Tambang dan Kecamatan Siak Hulu dengan jumlah peserta keseluruhannnya sebanyak 50 orang.

Sebagai narasumber atau instruktur dari Dirjen PMD Kementerian Dalam Negeri RI, BPM Bangdes Propinsi Riau, BPMPD Kabupaten Kampar, Inspektorat Kabupaten Kampar dan DPPKA Kabupaten Kampar.(Adv)