DPRD Dumai Belum Jadwalkan Pelantikan Pimpinan Definitif

id dprd dumai, belum jadwalkan, pelantikan pimpinan definitif

DPRD Dumai Belum Jadwalkan Pelantikan Pimpinan Definitif

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Jadwal pelantikan pimpinan DPRD definitif belum disusun karena masih menunggu penandatanganan surat keputusan (SK) dari Gubernur Riau, kata Kepala Bagian Humas Sekretariat DPRD Kota Dumai, Khairil Adli.

"SK Gubernur belum turun, dan kita belum menetapkan jadwal pelantikan pimpinan definitif," katanya kepada pers, Selasa.

Kendati belum ditetapkan, namun dia meyakini tidak menghambat pelaksanaan tugas dan wewenang wakil rakyat dalam beragenda karena sudah dibentuk pimpinan sementara.

Dijelaskan, pimpinan definitif DPRD ini telah diusulkan pemerintah kota (Pemkot) Dumai kepada Gubernur Riau pada September lalu berdasarkan hasil paripurna pemilihan ketua dan wakil lembaga parlemen tersebut.

"Belum turun SK ini sama sekali tidak mengganggu jalannya tugas dan wewenang DPRD dalam melaksanakan agenda yang sudah disusun," jelasnya.

Dia menambahkan, sejauh ini 30 DPRD Dumai baru menyelesaikan pembentukan pimpinan definitif dan 8 fraksi sebagai wadah berhimpun anggota partai politik di lembaga legislatif tersebut.

"Untuk penetapan alat kelengkapan DPRD, seperti komisi, badan kehormatan, badan anggaran, badan musyawarah dan badan legislasi secepatnya akan dilaksanakan sesuai jadwal yang ada," ungkapnya.

Diketahui, DPRD Dumai telah mengusulkan tiga pimpinan definitif, yaitu Gusri Effendi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Idrus dari Partai Gerakan Rakyat Indonesia (Gerindra) dan Zainal Abidin dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Penetapan anggota yang akan menduduki kursi ketua dan dua wakil ketua DPRD ini berdasarkan perolehan suara terbanyak partai politik (Parpol) pada Pemilu Legislatif (Pileg) April lalu.

Lembaga wakil rakyat ini juga telah menyelesaikan pembentukan fraksi, terdiri dari 6 fraksi murni dan 2 fraksi gabungan.