Paisal apresiasi Imigrasi Dumai majukan UMKM

id Imigrasi Dumai, Walikota Dumai

Paisal apresiasi Imigrasi Dumai majukan UMKM

Walikota Dumai Paisal meninjau pelaksanaan pelayanan paspor elektronik Imigrasi di sebuah kafe, Jumat sore. (ANTARA/

Dumai (ANTARA) - Wali Kota Dumai Paisal mengapresiasi pelayanan pembuatan paspor elektronik oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Dumai yang dibuka dengan 'jemput bola' sekaligus mendukung peningkatan kegiatan perekonomian pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) tempatan.

Pelayanan paspor yang dibuka Imigrasi di Jalan Jenderal Sudirman Dumai ini dianggap terobosan baru yang cemerlang karena selain memudahkan warga pemohon, juga ikut berpartisipasi dalam memajukan UMKM daerah.

"Inovasi pembuatan paspor dengan mengambil lokasi di kafe ini sangat bagus, kita apresiasi karena warga juga bisa sambil bersantai mengurus paspor," kataPaisal, Jumat sore.

Dijelaskannya, cara pelayanan yang dilakukan Kantor Imigrasi Dumai ini bisa menjadi contoh bagi instansi pelayanan publik lainnya agar warga semakin dipermudah dan ikut menggerakkan pendapatan pelaku UMKM.

Kepala Kantor Imigrasi Dumai Ricky Rachmawan menjelaskan bahwa peluncuran inovasi terbaru pelayanan paspor elektronik melalui kolaborasi bersama UMKM atau istilah 'SI DUMA KU' ini merupakan langkah memperluas akses layanan paspor dan mendukung pertumbuhan ekonomi

lokal.

Ini bertujuan selain mempermudah proses pengajuan paspor elektronik, juga meningkatkan kunjungan ke UMKM, seperti kafe yang mungkin kurang ramai pengunjung.

"Melalui inovasi pelayanan paspor di lokasi UMKM yang kita rencanakan tiap minggu ini diharap dapat meningkatkan kunjungan masyarakat, dan pengurusan paspor semakin memudahkan warga," kata Ricky.

Tahap awal pelayanan ini, lanjut Ricky, program 'SI DUMA KU' akan menawarkan layanan paspor elektronik baru dan penggantian paspor yang habis berlaku dengan kuota layanan sebanyak 40 pemohon per lokasi.

Sedangkan untuk layanan penggantian paspor hilang atau rusak tetap akan dilakukan di kantor imigrasi.

"Kami berharap inovasi ini akan menjadi strategi efektif dalam meningkatkan pelayanan dan mendukung perkembangan UMKM di Dumai," ungkap Ricky lagi.