Mahasiswa PMI UIN Suska juara 1 lomba presenter di Fordakom 2024

id UIN Suska Riau

Mahasiswa PMI UIN Suska juara 1 lomba presenter di Fordakom 2024

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Suska Riau Prof Imron Rosidi dan Mahasiwa PMI Alifiya Putri (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Mahasiswa Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) UIN Sultan Syarif Kasim Riau bernama Alifiya Putri tak menyangka dirinya menjadi juara di kejuaraan Forum Dekanat Dakwah dan Komunikasi (Fordakom) 2024.

Mahasiswa asal Sijunjung, Sumatera Barat ini berhasil meraih Juara I Kompetisi News Anchor (Presenter Berita) tingkat nasional yang digelar Fordakom 2024, yang diumumkan di Samosir, Sabtu (4/5).

Pengumuman juara kompetisi News Anchor itu, diumumkan di sela-sela acara penutupan Fordakom 2024.

Sebelumnya, video yang dikirimkan Fiya sukses setelah menyisihkan 56 video rekaman yang dikirimkan kepada panitia. 56 video tersebut berasal dari seluruh PTKIN atau 41 perguruan tinggi Islam yang ikut ambil bagian pada acara Fordakom 2024.

Fiya mengaku awalnya dia ditunjuk oleh ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi PMI, Safar untuk menjadi peserta lomba presenter.

Untuk take video dan editing dia mengaku dibantu oleh para kru Suska TV, salah satu laboratorium yang ada di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Suska Riau.

Tapping atau perekaman video dan editing memakan waktu dua hari, dan karya ini dikumpulkan pada Sabtu (28/4) atau hari terakhir pengumpulan karya.

Fiya mengaku dirinya sempat ragu untuk ikut lomba ini karena sebelumnya pernah ikut lomba presenter, tapi belum berhasil menjadi juara.

"Jadi saya tidak menyangka bisa juara apalagi juara 1 tingkat nasional lagi," ujar Fiya dalam pernyataannya yang diterima ANTARA, Kamis.

Terkait naskah berita, Fiya mengaku melakukan riset naskah dari berbagai sumber sampai meramunya menjadi berita.

"Saya hunting ke berbagai sumber termasuk google dan YouTube, dan Alhamdulillah hasilnya tidak mengecewakan," lanjutnya.

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Suska Riau Prof Imron Rosidi mengaku bangga akan prestasi yang diraih oleh Fiya dan beberapa mahasiswa FDK lainnya.

"Ini menunjukkan program pembinaan kita selama ini berjalan baik sekali. Kita berharap kepada semua pihak terkait seperti dosen, mahasiswa dan pimpinan dapat bahu membahu dalam menyalurkan bakat mahasiswa dalam hal yang positif," ungkap Imron.

Sementara itu Ketua Jurusan PMI UIN Suska Riau Dr Titi Antin didampingi Sekretaris Jurusan Yefni mengungkapkan rasa bangganya atas prestasi yang ditorehkan Alifia Putri.

Titi Antin mengaku Alifia sudah menorehkan prestasi yang tidak disangka-sangka oleh pihaknya sebagai pengelola jurusan.

"Jujur buat saya ini suatu kejutan. Ini membuktikan bahwa mahasiswa PMI bisa bersaing dan tidak hanya dalam hal pemberdayaan masyarakat saja, tapi juga siap untuk menghasilkan talenta berbakat di berbagai bidang," tuturnya.

Selain Fiya, dalam kejuaraan Fordakom 2024 ini beberapa mahasiswa UIN Suska lainnya juga menoreh prestasi, yaitu Adila Kamil menjadi juara 1 lomba tilawatil qur’an tingkat nasional, Nurhayati Sormin mendapatkan juara 3 lomba story telling dakwah dan Uswatul Hasanah menduduki harapan 2 lomba puisi dakwah.