Menakertrans Resmikan Rumah Belajar Dan Membatik Riau

id menakertrans, resmikan rumah, belajar dan, membatik riau

 Menakertrans Resmikan Rumah Belajar Dan Membatik Riau

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar meresmikan Rumah Belajar dan Rumah Batik yang dikembangkan SKK Migas-PT Chevron Pacific Indonesia di Pekanbaru, Riau, Jumat.

Menakertrans yang datang dengan didampingi sejumlah deputi dan pejabat eselon II mengaku kagum atas kerajinan masyarakat binaan perusahaan tersebut.

"Program investasi sosial di bidang pendidikan dan pemberdayaan ekonomi ini dimaksudkan untuk membantu masyarakat memperoleh kesempatan kerja yang lebih baik dan meningkatkan kesejahteraan mereka," katanya.

SKKMigas-Chevron bekerja sama dengan Vision Training Center (VTC), sebuah lembaga penyelenggara kursus bahasa Inggris dan keterampilan, mengembangkan Rumah Belajar Rumbai (RBR) sejak 2013. Menggunakan konsep "train the trainer", para siswa SMP dan SMA yang telah dilatih selama 400 jam akan diseleksi untuk diberi kesempatan menjadi tenaga pengajar di kelas lain.

"Adapun rumah batik didirikan untuk menumbuhkan kreativitas dan mengembangkan jiwa kewirausahaan ibu-ibu rumah tangga di sekitar daerah operasi," kata Pjs General Manager Humas (PGPA) Chevron, Iwan Azof.

Harapannya, kata dia, pelatihan membatik memberikan keterampilan, memperkenalkan budaya lokal dan dapat menambah penghasilan.

"Pendampingan kepada peserta dilakukan secara intensif mulai dari mengajarkan cara membatik, membuat corak, menggali potensi budaya daerah dan memasarkan produk," katanya.

Pada kesempatan yang sama Policy Government And Public Affair (PGPA) Duri dan Dumai turut memperkenalkan produk-produk hasil binaannya.