RSUD Tipe D Kandis di Siak senilai Rp7,7 miliar

id Rumah sakit, Siak, bupati, resmikan

RSUD Tipe D Kandis di Siak senilai Rp7,7 miliar

Bupati Siak, Provinsi Riau, Alfedri bersama Kandis Kesehatan Toni Chandra ketika meresmikan RSUD Tipe D Kandis di Siak, Kamis (29/9/2022). RS itu merupakan RSUD Tipe D kelima di Siak selain satu RSUD Tipe C. (FOTO ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Bupati Siak Alfedri meresmikan satu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) tipe D yang berlokasi di kecamatan Kandis yang dibangun menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah setempat senilai Rp7,7 miliar.

"Alhamdulillah, dengan diresmikannya pemakaian rumah sakit tipe D di Kecamatan Kandis, kita sudah memiliki lima rumah sakit tipe D di Kabupaten Siak. Selain rumah sakit tipe C yakni RSUD Tengku Rafi'an Siak," kata Bupati Siak, Alfedri, Kamis.

Sebelumnya,pihaknya juga telah meresmikan rumah sakit tipe D di Kecamatan Tualang. Pembangunan ini merupakan kebijakan dan program strategis Pemerintah Kabupaten Siak, yang tertuang di dalam Rencana Strategis (Renstra) pada Dinas Kesehatan.

Untuk tahap awal RSUD ini akan diisi dokter spesialis penyakit dalam dan anak. Namun nanti berjalannya waktu akan ada spesialis bedah sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan.

"Nantinya RS ini akan kita kembangkan secara bertahap. Untuk di Provinsi Riau, kabupaten Siak merupakan kabupaten yang membangun rumah sakit tipe D terbanyak dengan jumlah lima selain juga telah membangun 17 pusat kesehatan masyarakat,” katanya.

Ke depannya kata dia, bagi daerah yang jauh dari puskesmas, pihaknya juga akan membangun Puskesmas Pembantu (Pustu) Plus dengan menempatkan satu dokter. Selain Pustu Plus, Pemkab Siak juga akan memberikan bantuan berupa ambulans.

“Saya berharap dengan difungsikannya RSUD tipe D di Kecamatan Kandis ini, pelayanan di bidang kesehatan dapat terpenuhi dan meningkat,” kata Alfedri.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Siak Toni Candra menjelaskan pembangunan lima rumah sakit merupakan program bupati. Di antaranya Kecamatan Perawang, Kandis, Minas, Kerinci Kanan dan Sungai Apit.

"Rumah Sakit tipe D ini, merupakan kado terakhir bagi saya. Insya Allah, terhitung tanggal 1 oktober 2022 nanti saya sudah tidak menjabat sebagai kepala Dinas Kesehatan lagi, dan ini pekerjaan rumah yang harus saya selesaikan," katanya.