4 periode jadi anggota DPD RI, Intsiawati Ayus "nyebrang" ke DPR RI

id Dpd ri, dpr ri, intsiawati ayus, bacaleg nasdem, riau

4 periode jadi anggota DPD RI, Intsiawati Ayus "nyebrang" ke DPR RI

Anggota DPD RI Intsiawati Ayus mantap memilih partai Nasdem untuk melangkah menuju kursi DPR RI.  (ANTARA/

Pekanbaru (ANTARA) - Anggota DPD RI Intsiawati Ayus mantap memilih partai Nasdem untuk melangkah menuju kursi DPR RI.

Usai resmi mendaftar sebagai Bakal calon legislatif (Bacaleg) ke partai yang dikomandoi Surya Paloh tersebut, kini senator senior itu mulai menunjukan manuver politik. Bahkan Baliho dirinya dengan Calon Presiden (Capres) jagoan NasDem yakni Anies Rasyid Baswedan mulai dipasang di titik strategis Kota Pekanbaru dan menjadi pembicaraan hangat.

Intsiawati mengemukakan alasannya meminang NasDem karena kesamaan tujuan dan perjuangan. Pertimbangan untuk menggunakan perahu NasDem sudah lama dipikirkannya.

"Saya memilih dan bergabung di Nasdem pilihan objektif dan subjektif, pertimbangannya cukup lama. Bukan baru. Yang jelas merasionalkam pilihan saya, karena melihat partai nasdem punya platform dan perjuangan yang sama dengan saya," kata

Intsiawati Ayus dalam kegiatan Bincang pagi bersama media di Pekanbaru, Rabu.

Dia mengatakan, salah satu alasannya bergabung dengan Nasdem karena melihat sosok Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya yang juga memiliki kesamaan dengan dirinya yang selama ini konsen menyuarakan isu lahan dan hutan di Riau hingga ke pusat.

"Saya yakini saya tidak salah pilih Nasdem untuk instrumen politik saya ke depan," ucapnya.

Ketika disinggung soal alasannya berpindah haluan dari DPD RI yang telah membesarkan namanya selama 4 periode, ke DPR RI. Karena ruang dan kewenangan di DPD RI tidak seluas di DPR RI. Sebagai perwakilan daerah di pusat dia tidak ingin dibatasi oleh kewenangan.

"Saya pindahkan haluan dari DPD ke DPR karena saya ingin merepresentasikan saya sebagi daerah di senayan tidak lagi dibatasi kewenangan, " kata dia.

Soal strategi untuk meraup suara pemilih, Intsiawati Ayus mengatakan tidak linear antara pemilih DPD RI dan DPR RI. Namum dirinya sudah menyiapkan trik khusus.

"Saya harus menguras energi waktu untuk sosialisasikan pilihan ini kepada konstituen. Saya mulai lagi dari nol. Namun ada basis suara saya yang masih terpelihara dan tidak tergeser, kalau ada pergeseran hanya 10 persen, namun saya buktikan setiap pemilihan basis pemilih saya selalu bertambah, " kata dia.

Terkait sosok Anies Rasyid Baswedn yang diinstruksikan Nasdem agar disosialisasikan oleh bacaleg Nasdem kepada masyarakat. Dia mengatakan hal itu mempunyai magnet tersendiri untuk mendongkrak suara caleg di daerah.