BMKG keluarkan peringatan hujan lebat berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Indonesia

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, BMKG

BMKG keluarkan peringatan hujan lebat berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Indonesia

Sejumlah penumpang pesawat memakai payung untuk menuju ke pesawat saat hujan di Bandara Pattimura, Kota Ambon, Maluku, Senin (11/7/2022). Berdasarkan data BMKG, cuaca ekstrem berupa hujan deras disertai angin kencang terus melanda Maluku dan berpotensi mengakibatkan banjir, dan mengganggu aktivitas penerbangan. (ANTARA FOTO/FB Anggoro/YU.)

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini prakiraan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang yang berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Indonesia, pada Jumat.

Dalam informasi yang dikutip dari situs BMKG pada Jumat, disampaikan potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang diperingatkan untuk Provinsi Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Lampung, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur.

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat.

BMKG mengemukakan daerah konvergensi terpantau memanjang di perairan barat-utara Aceh, di Samudra Hindia barat Bengkulu-Lampung, dari Laut Jawa hingga Sumatera Selatan bagian timur, dari Kalimantan Tengah hingga Laut Natuna, dari Selat Makassar hingga Kalimantan Selatan, di Laut Cina Selatan, dari Laut Banda timur Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Selatan bagian utara, dan di Papua.

BMKG memprakirakan kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Di samping itu, BMKG juga memberikan peringatan dini kepada masyarakat agar mewaspadai adanya peningkatan kecepatan angin di sejumlah wilayah, yakni provinsi Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur

Baca juga: Hujan deras guyur Selandia Baru berhari-hari, ratusan orang terpaksa mengungsi

Baca juga: BMKG prakirakan hujan berpotensi turun di sejumlah kota besar Indonesia