Baznas Siak luncurkan Z Chicken di tiap kampung

id Baznas, Siak, Gerobak, Ayam Goreng

Baznas Siak luncurkan Z Chicken di tiap kampung

Gerobak Z Chicken Program Baznas Siak diberikan kepada mustahik untuk memiliki usaha. Rencananya akan diberikan 100 unit gerobak untuk 100 desa di Kabupaten Siak. (ANTARA/HO-Baznas Siak)

Siak, (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Siak meluncurkan 100 Gerobak Ayam Goreng bernama "Z-Chicken" untuk masing-masing kampung/desa di daerah setempat untuk mendorong usaha mikro kecil menengah.

Ketua Basnaz Siak, Samparis Bin Tatan, Ahad mengatakan pemberian perdana gerobak Z-Chicken pada saat peluncuran di Kampung Merempan Hilir, Kecamatan Mempura.

Selanjutnya secara bertahap akan ditambah di beberapa Kecamatan yang berada di Kabupaten Siak.

"Target kita adalah 100 gerobak diberikan pada mustahik. Ini merupakan program dari Basnaz Indonesia yang kita replikasi dan ini merupakan yang pertama di Sumatera. Alhamdulillah kita sudah mampu untuk menjalankan program ini," katanya.

Program ini lanjutnya dilaksanakan dengan berbagi anggaran dengan Baznas Provinsi Riau yang membantu sebanyak 25 gerobak Z-Chicken. Nantinya para mustahik yang akan menerima program produktif Z-Chicken diberikan pelatihan dan pengetahuan manajemen usaha.

Dengan adanya bantuan ini diharapkannya para mitra Z-Chicken dapat menjalankan usahanya secara berkelanjutan. Bantuan diberikan kepada para mustahik dengan nilai total Rp10 juta termasuk gerobak, alat, dan bahan ayam untuk satu hari.

Sementara itu, penerima bantuan gerobak ini, Fuji Erni Sari mengungkapkan dirinya dulu berjualan sosis. Dengan bantuan ini, ia mengaku sangat senang apalagi gerobak dan bahannya juga diberikan oleh Baznas Siak.

"Kami yang sudah dapat sangat terbantu sekali, semoga ada lagi seperti ini untuk teman-teman yang lain. Nanti saya jualan di Benteng, Kecamatan Mempura, di sini puncurannya saja untuk yang pertama, " sebut dia.

Bupati Siak, Alfedri mengapresiasi langkah BAZNAS yang turut membantu mengambil peran untuk dapat meningkatkan produktifitas masyarakat. Sehingga memberikan kontribusi agar masyarakat terbebas dari kemiskinan.