36 sapi di Riau mulai sembuh dari penyakit kuku mulut

id Sapi, sebanyak, 36, Riau, mulai,sembuh, dari, penyakit, kuku, mulut

36 sapi di Riau mulai sembuh dari penyakit kuku mulut

Petugas posko Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Pemkab Aceh Besar memeriksa dan mengobati sapi yang terinfeksi PMK. (ANTARA/Irwansyah Putra)

Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau melaporkan sebanyak 36 sapi dari 130 yang terjangkit penyakit kuku mulut (PMK) di beberapa kabupaten/kota setempat kini mulai sembuh setelah mendapat perawatan dari tim kesehatan.

"Dari 130 ekor sapi yang terpapar PMK di Riau saat ini 36 ekor sudah sembuh," kata Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Riau Faralinda Sari di Pekanbaru, Senin.

Dikatakan dia, saat ini kondisi sapi sembuh berangsur membaik, hasil pemeriksaan sampelnya pun sudah negatif.

"Namun sapi tersebut masih diisolasi karena meski sudah sembuh dan negatif, potensi penularannya masih bisa terjadi," katanya.

Ia mengungkapkan, hingga saat ini total kasus PMK pada sapi di Riau sudah mencapai 130 kasus.

Kasus PMK ditemukan di lima kabupaten yakni di Rokan Hulu, Siak, Indragiri Hilir, Kampar dan Bengkalis, tersebar di 8 kecamatan dan 8 desa.

"Paling banyak di‎temukan di Kabupaten Bengkalis dengan jumlah kasus mencapai 69 sapi, kemudian di Inhil 21, Siak 19, Kampar 16 dan di Rohul 5 kasus," katanya.

Untuk itu katanya lagi, Riau tetap mewaspadai lalulintas ternak terutama sapi menjelang perayaan Idul Adha, dimana setiap yang akan ke luar dan masuk harus melengkapi surat-surat

"Sapi masih kita isolasi belum bisa dilepasliarkan sebelum diberikan vaksin, karena meskipun sudah negatif potensi penularannya ada, karena virusnya kan masih ada walau kondisi kesehatan sapi sudah membaik," tukasnya.