Pascabanjir Warga Rokan Hulu Panen Ikan

id pascabanjir warga rokan hulu panen ikan

Pekanbaru, (antarariau.com) - Pascabanjir yang melanda sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau, kebanyakan warga di sana kemudian beralih 'profesi' menjadi nelayan dan pemancing untuk memanen ikan yang kian berlimpah.

"Setelah banjir yang besar itu surut dan situasi kembali normal di Kabupaten Rokan Hulu, banyak terdapat ikan di sepanjang sungai dan genangan air yang berada di sana," kata Kepala Dinas Perikanan dan Keluatan, Irwan Effendi, di Pekanbaru.

Menurut dia, fenomena itu merupakan hal yang biasa terjadi di mana kebanyakan warga di sana akan beralih 'profesi' sementara menjadi nelayan dan pemancing ikan.

"Karena memang, ketika banjir melanda suatu wilayah, maka pada saat itulah banyak ikan-ikan bertelur dan berkembang biak," katanya.

Curah hujan yang tinggi di Provinsi Riau pada seminggu belakangan ini, kata Irwan, menyebabkan besarnya air di setiap muara sungai yang ada jutru meningkatkan perkembangbiakan ikan.

Ketika debit air yang banyak ini mengalir dengan deras, kata dia, maka secara otomatis akan membuat gairah dan perkembangbiakan pada ikan semakin meningkat.

"Kondisi demikian tentunya sangat menguntungkan masyarakat sekitar untuk meningkatkan perekonomian keluarga. Makanya, pascabanjir dan saat banjir lalu, tidak ada kerugian yang di derita oleh nelayan atau sektor perikanan," katanya.

Dengan banyaknya penyebaran ikan di sungai setelah banjir ini, demikian Irwan, diharapkan dapat membantu masyarakat yang terkena musibah banjir dengan cara memanfaatkan kondisi itu untuk memenuhi kebutuhan hidup.

"Yang jelas sejauh ini tidak ada laporan kerigian masyarakat dan nelayan terkait banjir Rokan Hulu yang di terima oleh Dinas Perikanan dan Kelautan," katanya. (Reindy Rudagi)