Wabup : Program Suluh Riau tekan pengangguran

id Pemkab Bengkalis,Syluh riau

Wabup : Program Suluh Riau tekan pengangguran

Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso bersama Gubernur Riau, H. Syamsuar, didampingi Danrem 031 Wirabima Brigjen TNI Mohammad Syech Ismed dalam acara Launcing Program Suluh Riau di Pekanbaru. (ANTARA/dok)

Bengkalis (ANTARA) - Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso mengatakan program suluh Riau yang dilaksanakan oleh PT. PHR dapat besinergi serta dapat meningkatkan produktifitas dan menekan angka pengangguran guna meningkatkan kesejahteraan pencari kerja serta masyarakat.

"Pemkab Bengkalis tentu mendukung program ini dan kami juga berharap program seperti ini, juga dilaksanakan oleh perusahaan industri dan dunia usaha lainnya di negeri Junjungan," ujar Bagus Santoso saat menghadiri launching program sinergi dalam upaya melanjutkan harapan masyarakat Riau (Program Suluh Hulu), di Pekanbaru, Kamis.

Dikatakan Bagus, dari 498.355 jiwa jumlah penduduk Kabupaten Bengkalis lebih kurang 24.518 jiwa yang berstatus sebagai pengangguran terbuka dan pada tahun 2020 lebih kurang 2.132 angkatan kerja yang belum tertampung di 79 buah perusahaan yang berdiri di Kabupaten Bengkalis.

"Artinya, angka pengangguran terbuka masih tinggi. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya, karena rendahnya kualitas SDM tenaga kerja sehingga tidak sebanding dengan kesempatan kerja, dan juga disebabkan oleh faktor pendidikan, karena 1.367 orang angkatan kerja di Kabupaten Bengkalis adalah tamatan SD, SMP, SMA," jelasnya.

Hal ini tentunya kata Bagus sejalan dengan salah satu misi Pemkab Bengkalis mewujudkan pengelolaan potensi sumber daya manusia yang efektif dalam memajukan perekonomian demi tercapainya visi mewujudkan Kabupaten Bengkalis bermarwah, maju dan sejahtera.

"Kami berharap kepada PT. PHR agar program seperti ini terus berlanjut dengan mengikut sertakan putra-putri Kabupaten Bengkalis bisa jadi ke depannya dengan program dan keterampilan yang berbeda, serta volume yang bertambah dengan harapan masyarakat kami yang telah memiliki kompetensi ini kiranya dapat bekerja di perusahan ini," harap Bagus.

Launcing Program Suluh Riau dilakukan langsung oleh Gubernur RiauSyamsuar, didampingi Danrem 031 Wirabima Brigjen TNI Mohammad Syech Ismed, Wakil Bupati Bengkalis dan Direktur PCR Mohammad Yanuar Heriyawan.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021