Danrem: Datuk Seri Al Azhar sosok tokoh panutan

id Danrem 031 WB

Danrem: Datuk Seri Al Azhar sosok tokoh panutan

Sejumlah tokoh masyarakat di Pekanbaru melepas jenazah almarhum Datuk Seri Al Azhar, pada Rabu (13/10) di Masjid Raya Annur Pekanbaru, untuk selanjutnya dimakamkan di TPU Kelurahan Air Dingin, Kota Pekanbaru. ANTARA/Diskominfotik Riau

Pekanbaru (ANTARA) - Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI M Syech Ismed SE MHan melepas dan mensalatkan jenazah almarhum Datuk Seri Al Azhar, pada Rabu (13/10) di Masjid Raya Annur Pekanbaru, untuk selanjutnya dimakamkan di TPU Kelurahan Air Dingin, Kota Pekanbaru.

"Datuk Seri Al Azhar adalah sosok tokoh Riau yang menjadi panutan bagi masyarakat Riau. Beliau sosok yang peduli dengan adat, kesejahteraan masyarakat sesuai kemajuan daerah," kata Danrem 031 Wira Bima, Brigjen TNI M Syech Ismed SE MHan kepada wartawan usai menshalatkan jenazah almarhum, Rabu (13/10) di Masjid Raya Annur, Pekanbaru.

Almarhum Datuk Seri Al Azhar, kata Danrem, juga pernah memperjuangkan kebesaran Melayu dimanapun berada. Perjuangan beliau sangat luar biasa dan terbukti mengangkat marwah Melayu maupun masyarakat Melayu di Riau.

"Sekali lagi, saya yang juga sebagai Putra Riau mengucapkan selamat jalan tokoh kebanggaan masyarakat Riau. Semoga Allah SWT memberikan tempat yang terbaik disisinya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan keikhlasan serta ketabahan," katanya.

Alamrhum Diketahui, Datuk Seri Al Azhar merupakan budayawan, sastrawan dan Ketua Majelis Kerapatan Adat Lembaga Adat Melayu Riau masa khidmat 2017-2022. Ia wafat, pada Selasa (13/10/2021) pukul 22.04 WIB di RS Awal Bros Pekanbaru.

Jenazah Datuk Seri Al Azhar sebelum disholatkan di Masjid Raya Annur provinsi Riau terlebih dulu disemayamkan di Balai Adat Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Rabu (13/10/21). Prosesi tersebut dilakukan sebagai penghormatan terakhir bagi almarhum yang sehari-hari juga menjabat sebagai Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAMR.

Ketua Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAMR Datuk Seri Syahril Abubakar saat prosesi pelepasan mengatakan, Datuk Seri Al Azhar telah "berkhidmat" atau berjuang untuk LAMR selama 24 tahun. Dimana Balai Adat adalah tempat keseharian almarhum.

Dalam kesempatan tersebut, Syahril juga mengajak seluruh pengurus LAMR untuk melanjutkan perjuangan almarhum. Hal tersebut agar masyarakat Riau tidak menjadi penonton di negerinya sendiri.

Sebelumnya, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar juga sudah melayat kerumah duka almarhum Datuk Seri Al Azhar di Jalan Sei Mintan, Kecamatan Bukit Raya, Rabu (13/10/2021). Dalam kesempatan itu, Gubri menyempatkan diri untuk mendoakan almarhum serta keluarga yang ditinggalkan.

"Kami sekeluarga dan atas nama pemerintah daerah menyampaikan turut berdukacita sedalam-dalamnya atas meninggalnya Datuk Seri Al Azhar. Semoga almarhum ditempatkan ditempat yang terbaik disisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan," kata Gubri.

Sejumlah masyarakat dari berbagai kalangan ikut mensalatkan jenazah Ketua Umum MKA LAM Riau, Almarhum Datuk Seri Al Azhar di Masjid Raya Annur Riau, Rabu (13/10/2021).

yang diimami langsung oleh anak almarhum, Irfan bin Al Azhar.

Saat salat jenazah, juga hadir Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution, mantan Gubernur Riau Saleh Djasit dan Wan Thamrin. Serta tokoh masyarakat, adat, agama serta Forkopimda Riau dan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution mengatakan, almarhum merupakan sosok baik yang sangat aktif untuk memikirkan masyarakat serta kemajuan daerah.