Lima Organisasi Wartawan Demo Tolak Kekerasan

id lima organisasi, wartawan demo, tolak kekerasan

Pekanbaru, (antarariau) - Sebanyak lima organisasi mulai dari PWI, Solidaritas Wartawan (Sowat), Pewarta Foto Indonesia (PFI), Ikatan Jurnalistik Televisi (IJTI) dan AJI Riau menggelar aksi unjuk rasa dengan melibatkan puluhan wartawan mengecam tindak kekerasan oleh oknum TNI AU terhadap pers.

Aksi unjuk rasa yang melibatkan puluhan wartawan dari berbagai media cetak, elektronik dan online tersebut dilakukan di bundaran Jalan Sudirman tepatnya di bawah tugu Zapin, Rabu.

Dalam aksinya, para awak media membawa sejumlah poster dan spanduk bertuliskan tuntutan agar Panglima TNI segera mencopot jabatan Danlanud Pekanbaru Kolonel Bowo Budiarto serta menindak Letkol Robert Simanjuntak yang terbukti melakukan penganiayaan terhadap sejumlah wartawan.

Tindak penganiayaan tersebut terjadi saat para wartawan melakukan peliputan jatuhnya pesawat Hawk 200 di sekitar pemukiman warga Pasir Putih, Kabupaten Kampar, Riau, Selasa (16/10).

"Kami menuntut agar pelaku kekerasan dapat ditindak tegas. Jangan ada toleransi terhadap kejahatan atas wartawan," kata Ketua Sowat Riau, Syahnan Rangkuti dalam orasinya.

Aksi unjuk rasa para awak media tersebut mendapat pengawalan ketat aparat kepolisian setempat.

Gerakan turun ke jalan berbelasungkawa atas insiden kekerasan terhadap wartawan itu berlangsung damai.

Aksi dilanjutkan ke Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau yang berlokasi di Jalan Sudirman Pekanbaru.

Puluhan awak media di Riau ini juga melakukan aksi konvoi kendaraan saat menuju ke gedung DPRD Riau dari Kantor Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Biro Riau yang berlokasi di Jalan Sumatra, Pekanbaru.