HPN Riau, PWI tanam 100 batang cemara pantai di Rupat

id pwi,Hpn riau

HPN Riau, PWI tanam 100 batang cemara pantai di Rupat

Panitia HPN Riau melakukan pertemuan dengan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Indragiri Rokan (BPDASHL Inrok) terkait agenda persiapan penanaman bibit pohon cemara di Pulau Rupat Kabupaten Bengkalis. (ANTARA/Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau akan melakukan penanaman 100 batang pohon cemara di pantai Pesona Rupat Utara Kabupaten Bengkalis yang menjadi salah satu agenda pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021.

"Kegiatan untuk tahun ini berbeda dengan yang sebelumnya. Salah satu agenda kegiatan penanaman 100 bibit pohon cemara di pantai Cemara Pulau Rupat bantuan dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Indragiri Rokan (BPDASHL Inrok)," ujar Ketua Seksi Penghijauan HPN Riau Deni Risman ketika melakukan pertemuan dengan tim BPDASHL di Pekanbaru, Kamis (4/2).

Selain itu kata Deni, sesuai intsruksi Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang, dipilihnya Pulau Rupat sebagai salah satu lokasi dan program penghijauan.

"Kami melakukan MoU dengan BPDASHL Inrok terkait hutan komunitas. Poinnya kita ambi bahwa BPDASHL Inrok melakukan MoU hutan komunitas dengan PWI Riau. Dan ini akan menjadi yang pertama di Indonesia," ujar Deni Risman.

Plh Kepala BPDASHL Inrok Adnan mengatakan bahwa bibit cemara pantai sudah disiapkan sebanyak 100 batang dan untuk pengiriman ke lokasi akan dibantu sesuai permintaan dari panitia.

"Untuk bibit cemara pantai sudah ready dengan ketinggian 50 cm," ujarnya.

Kepala Seksi Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) Desmantoro mengungkapkan bahwa pihaknya sedikit kesulitan mencari bibit cemara pantai ini. Karena di Riau sendiri tidak ada.

"Bibit cemara pantai ini kami dapat dari Jawa Timur. Bibit tersebut sudah ada dan sedang direkondisikan hampir dua minggu. Kondisinya sekarang sudah segar," timpalnya.