Antisipasi COVID-19, Polda Sumbar lacak anggotanya

id Polda Sumbar, Padang, Sumbar

Antisipasi COVID-19, Polda Sumbar lacak anggotanya

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu (ANTARA/ Mario Sofia Nasution)

Padang, (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sumatera Barat melacak personel mereka kasus konfirmasi tanpa gejala COVID-19 untuk mengantisipasi penyebaran virus di klaster perkantoran Mapolda Sumbar.

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu di Padang, Sabtu menyatakan sesuai arahan dari Kapolda Sumbar, pihaknya terus melakukan pemantauan dan "tracking" terhadap seluruh personel dengan status tersebut.

"Ini untuk mencegah penyebarannya secara meluas," katanya.

Apalagi setelah dilakukan tes usap terhadap personel secara berkelanjutan terdapat belasan personel yang diketahui hasilnya positif COVID-19.

"Untuk yang diketahui hasilnya, kemudian yang bersangkutan dilakukan isolasi mandiri. Selain itu, juga dilakukan tracking terhadap aktivitas dan riwayat kontaknya," kata dia.

Saat ini Polda Sumbar dan jajaran juga tengah meningkatkan pendisiplinan protokol kesehatan yang dilakukan oleh Bidpropam dan Provost di polres-polres.

Ia juga mengimbau dan mengajak kepada masyarakat untuk ikut disiplin dalam protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker dan menjaga jarak selama beraktivitas di luar rumah.

"Mari kita patuhi protokol kesehatan sehingga dapat mencegah penyebarannya," katanya.