City libas Arsenal tiga gol tanpa balas

id manchester city,arsenal,liga inggris,liga premier,raheem sterling,kevin de bruyne,phil foden,david luiz,City vs arsenal

City libas Arsenal tiga gol tanpa balas

Talenta muda Manchester City Phil Foden melakukan selebrasi usai mencetak gol ketiga timnya ke gawang Arsenal dalam laga lanjutan Liga Inggris yang digelar tanpa penonton karena pandemi COVID-19 di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, Rabu (17/6/2020) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Peter Powell)

Jakarta (ANTARA) - Manchester City melibas The Gunners Arsenal 3-0 dalam laga tunda pekan ke-28 Liga Inggris yang digelar tanpa penonton karena COVID-19 di Stadion Etihad, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Raheem Sterling, Kevin de Bruyne dan Phil Foden masing-masing menyumbangkan satu gol dalam kemenangan tersebut, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Kemenangan itu membuat Man City yang berada di posisi kedua kini mengoleksi 60 poin memangkas jarak keunggulan Liverpool (82) di puncak klasemen menjadi 22 poin.

Sedangkan Arsenal (40) tertahan di urutan kesembilan dan harus bekerja keras jika ingin menembus empat besar yang masih berjarak delapan poin.

Tiga bulan beristirahat karena pandemi, Man City tak tampak mengendur dan langsung menggebrak sejak sepak mula tetapi eksekusi tendangan bebas De Bruyne masih bisa ditepis oleh kiper Bernd Leno.

Sebaliknya, Arsenal tampak seperti gelas kaca yang begitu rapuh sebab dalam 30 menit mereka harus kehilangan dua pemain karena cedera yakni gelandang Granit Xhaka dan bek tengah Pablo Mari.

Leno melakukan tiga penyelamatan lain atas tembakan David Silva, Riyad Mahrez dan Sterling, tetapi hal itu dibuat tak bermakna oleh David Luiz yang memasuki lapangan sejak menit ke-24 menggantikan Mari.

Di pengujung babak pertama, kegagalan Luiz memotong umpan lemah kiriman De Bruyne dan bola berakhir di kaki Sterling yang kemudian memperdaya Leno demi membuka keunggulan Man City.

Empat menit memasuki babak kedua, Luiz menjatuhkan Mahrez di dalam kotak terlarang yang bukan saja menghasilkan tendangan penalti bagi tuan rumah tetapi juga membuat wasit Anthony Taylor merogoh kantungnya memperlihatkan kartu merah untuk bek Brazil itu.

Kesempatan tendangan penalti dimanfaatkan dengan baik oleh De Bruyne yang sukses mengecoh Leno untuk menggandakan keunggulan Man City atas Arsenal pada menit ke-51.

Unggul jumlah pemain membuat Man City nyaman menguasai jalannya pertandingan, tapi tak kunjung berhasil menambah keunggulan hingga tim besutan Pep Guardiola itu juga dipaksa bermain dengan 10 pemain semenit jelang bubaran waktu normal.

Eric Garcia ditarik keluar lapangan karena cedera setelah berbenturan dengan rekannya sendiri Ederson, namun karena Guardiola sudah menggunakan lima jatah pergantian pemain, The Citizens terpaksa menyelesaikan laga dengan 10 pemain.

Kendati demikian semenit memasuki injury time, Foden berhasil melengkapi kemenangan Man City menjadi 3-0 setelah ia menyambar bola muntah hasil tembakan Sergio Aguero yang membentur tiang gawang.

Man City selanjutnya akan menjamu Burnley pada Senin (22/6) waktu setempat (Selasa WIB), dua hari setelah Arsenal bertandang ke markas Brighton & Hove Albion.

Baca juga: Mantan bek Arsenal dan Inggris ini dirawat di RS

Baca juga: Pemain Arsenal kembali berlatih di lapangan


Susunan pemain:

Manchester City (4-3-3): Ederson Moraes; Kyle Walker, Eric Garcia, Aymeric Laporte, Benjamin Mendy; David Silva (Bernardo Silva), Ilkay Guendogan (Rodri Hernandez), Kevin de Bruyne (Fernandinho); Riyad Mahrez (Phil Foden), Gabriel Jesus (Sergio Aguero), Raheem Sterling

Pelatih: Pep Guardiola

Arsenal (4-2-3-1): Bernd Leno; Hector Bellerin, Pablo Mari (David Luiz), Shkodran Mustafi, Kieran Tierney; Granit Xhaka (Dani Ceballos), Matteo Guendouzi (Ainsley Maitland-Niles); Edward Nketiah (Alexandre Lacazette), Joe Willock (Reiss Nelson), Bukayo Saka; Pierre-Emerick Aubameyang

Pelatih: Mikel Arteta