RSUD Dumai Siagakan Dokter Bedah Untuk Lebaran

id rsud dumai, siagakan dokter, bedah untuk lebaran



Dumai, 18/8 (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah Kota Dumai, Provinsi Riau, berinisiatif menyiagakan sejumlah dokter bedah untuk mengantisipasi lonjakan pasien kecelakaan lalu lintas pada Lebaran 2011.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dumai Faisal kepada wartawan di Dumai, Kamis, mengatakan, inisiatif menyiagakan dokter bedah dan dokter umum serta spesialis penyakit dalam itu merupakan hal yang biasa setiap tahun khususnya menyambut perayaan keagamaan seperti Idul Fitri.

"Biasanya kepadatan arus lalu lintas saat arus mudik dan balik Lebaran menyebabkan sejumlah insiden kecelakaan yang mengakibatkan korban fisik. Untuk mengansipasinya, kami menyiagakan dokter spesialis bedah dan tenaga medis lainnya," kata Faisal.

Dia mencontohkan, pada 2010 dan 2009, kecelakaan kendaraan sepeda motor, bus dan mobil pribadi selalu terjadi bahkan melonjak menjelang dan usai Lebaran.

"Hal demikian juga dimungkinkan terjadi pada musim mudik tahun ini, sehingga kami bersama Dinas Kesehatan Kota Dumai berkoordinasi untuk mengantisipasi lonjakan angka pasien kecelakaan baik di rumah sakit maupun di jalan," ucapnya.

Untuk di jalan, kata dia, tanggung jawab diambil alih oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) yang menempatkan sejumlah tenaga medis di setiap pos kesehatan di jalur rawan kecelakaan lalu lintas.

"Dinkes juga akan berkoordinasi dengan dinas terkait lainnya," ujarnya.

Sementara untuk RSUD, kata dia, bertanggungjawab apabila ada pasien gawat darurat yang membutuhkan perawatan intensif.

"Untuk saat ini segala persiapan mulai dari obat-obatan hingga ruang perawatan masih aman. Kami prediksi pasien kecelakaan akan mulai melonjak pada malam takbiran, kondisi ini sama dengan Lebaran tahun sebelumnya," demikian Faisal.***4***

(T.KR-FZR/B/N002/N002) 18-08-2011 13:07:09