Bupati Rohil tinjau pembangunan Masjid Cheng Ho

id Masjid Cheng Ho,bupati rohil, rokan hilir

Bupati Rohil tinjau pembangunan Masjid Cheng Ho

Bupati Rohil, Suyatno didampingi Sekretaris Yayasan Fastabiqul Khairat Rohil, Wazirwan Yunus saat meninjau pembangunan Masjid Muhammad Cheng Ho di Bagansiapiapi, Rabu (22/1/2020). (ANTARA/Dedi)

Rokan Hilir (ANTARA) - Bupati Kabupaten Rokan Hilir Suyatno meninjau pembangunan Masjid Laksamana Muhammad Cheng Ho yang berlokasi di areal Pujasera Bagansiapiapi, Kecamatan Bangko pada Rabu (22/1).

"Pembangunan Masjid Cheng Ho ini konsep awalnya sumbangsih daripada saudara kita yang berada di luar Kota Bagansiapiapi sebagai orang perantau, tapi berasal dari Bagansiapiapi. Ini niat yang paling baik saya pikir untuk menyatukan umat," kata Suyatno usai melihat pembangunan Masjid Cheng Ho.

Khusus kepada panitia pembangunan masjid ini, Bupati menyampaikan apresiasi tanpa lelah dan terus bergerak untuk membangun sebuah Masjid Muhammad Cheng Ho yang nantinya kalau sudah selesai ini merupakan ikon Bagansiapiapi, bahkan mungkin Riau.

"Dimana, di Kota Bagansiapiapi ada sebuah pembangunan Masjid Muhammad Cheng Ho, di samping wisata religius juga ini menjadikan tempat ibadah kita," kata Suyatno.

Bupati mendoakan semoga pembangunan masjid ini berjalan lancar dan tidak ada hambatan. Dalam waktu dekat, kata dia, juga akan dimasukkan lagi tambahan tanah 200 truk untuk pembangunan Masjid Muhammad Cheng Ho.

"Jalan di muka masjid itu akan kita lebarkan tahun ini, supaya nanti akses senang masuk," katanya.

Bupati juga mengharapkan kepada panitia untuk terus bergerak membantu pembangunan Masjid Muhammad Cheng Ho ini.

"Dan kita juga pemerintah daerah tidak tinggal diam bilamana terjadi kekurangan-kekurangan. Intinya kita kerjasamalah, sehingga nanti terwujudlah apa yang dicita-citakan masyarakat keturunan kita, termasuk kitalah sebagai orang muslim di daerah ini," kata Suyatno.

"Ya mudah-mudahan dengan terbangunnya Masjid Muhammad Cheng Ho di Kota Bagansiapiapi akan menambah lagi objek wisata kita," sambung dia.

Sementara Sekretaris Yayasan Fastabiqul Khairat Rohil, Wazirwan Yunus mengatakan, pembangunan Masjid Cheng Ho ini bertahap. Pertama pematangan lahan yang sudah dilaksanakan secara swadaya dari seluruh masyarakat Rohil maupun dibantu oleh pemerintah daerah.

"Dengan bantuan seluruh masyarakat ya kita berharap masjid ini dibangun tidak hanya satu orang tapi dibangun oleh masyarakat Kabupaten Rohil," ujar Wazirwan.

Kalau material tiang pancang, kata dia, sudah disiapkan dan sudah cukup semuanya. Kemudian untuk fisik pembangunan juga sudah disiapkan oleh Pak Abian katakanlah selaku penyandang utama dana pembangunan Masjid ini semua sudah disiapkannya.

"Kita berharap sebelum MTQ Riau di Rohil sebagai tuan rumah pada 2021 nanti masjid ini selesai, ini harapan kita," kata Wazirwan Yunus, yang juga Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Rohil itu.

Sementara untuk jumlah mualaf di Rohil, Wazirwan menyebutkan yang sudah dilakukan pembinaan saat sekarang ini kurang lebih 80 kepala keluarga (KK).

"Pembinaan dipusatkan di Yayasan Al-Manar di Jalan Utama, Bagansiapiapi. Kalau sudah siap masjid ini pusat kegiatan mualaf disini (Masjid Cheng Ho). Kita berharap akan lahir mubaligh dari mualaf, harapan saya begitu," ujar Wazirwan.

Baca juga: Pembangunan Masjid Cheng Ho di Rohil jadi ikon wisata religi

Baca juga: Pembangunan Masjid Cheng Ho Rohil dimulakan


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar