Gubernur Riau akan letakkan batu pertama pembangunan Masjid Cheng Ho

id Masjid Cheng Ho,Bupati rohil,Berita riau antara,Masjid,Berita riau terbaru

Gubernur Riau akan letakkan batu pertama pembangunan Masjid Cheng Ho

Bupati Rokan Hilir, Suyatno. (ANTARA News/Dedi Dahmudi)

Rokan Hilir, Riau (ANTARA) - BupatiRokan Hilir (Rohil), Suyatno mengatakan peletakkan batu pertama pembangunan Masjid Muhammad Cheng Ho di Bagansiapiapi akan dilaksanakan menjelang Festival Bakar Tongkang, atau tepatnya pada Selasa 18 Juni 2019.

"Insya Allah nanti Bapak Gubernur Riau langsung yang meletakkan batu pertama rencana pembangunan Masjid Muhammad Cheng Ho itu," kata Suyatno di Bagansiapiapi, Selasa (11/6) malam.

Bupati mengatakan, Gubernur Riau, Syamsuar beserta rombongan di Rohil dijadwalkan akan menyaksikan Festival Bakar Tongkang di Bagansiapiapi yang puncaknyadilaksanakan pada Rabu (19/6). Sehari sebelum Bakar Tongkang Gubernur rencananya akan meletakkan batu pertama pembangunan Masjid Muhammad Cheng Ho.

Bupati pun berharap kepada panitia pembangunan Masjid Muhammad Cheng Ho segera memasang baleho, gambar daripada Masjid itu supaya masyarakat tahu.

"Hari Kamis (13/6) sore baleho itu sudah dipasang di beberapa titik," katanya.

Pembangunan Masjid dengan arsitektur yang kental akan nuansa Tionghoa di negeri julukan 'Seribu Kubah' itu rencananya dibangun di Bagansiapiapi tepatnya di areal Pujasera, dengan lahan seluas dua hektare.

Dalam pembangunan nanti, Masjid Muhammad Cheng Ho juga dilengkapi menara 25 tingkat dengan ketinggian mencapai 50 meter ke atas.

Di Masjid tersebut juga nantinya ada taman tempat wisata, Taman Pendidikan Al-Qur'an dan perpustakaan.

"Jadi ini lengkap, di samping orang ingin beribadah juga berwisata. Akan kita tata betul-betul supaya ini jadi sebuah tempat yang indah, dijadikan objek pariwisata religius," ujar Suyatno.

Baca juga: Masjid Arrahman Pekanbaru pusat takbiran

Baca juga: Begini kegiatan masjid di perut bumi pada kedalaman 1.700 meter di Papua selama Ramadhan