Sinergi Pemkab Inhu dengan perusahaan

id pemkab inhu,berita inhu, advetorial inhu

Sinergi Pemkab Inhu dengan perusahaan

Bupati Indragiri Hulu Yopi Arianto. (ANTARA/Asripilyadi)

Rengat (ANTARA) - Pemerintah Indragiri Hulu memberikan kesempatan seluas luasnya kepada investor untuk berinvestasi namun harus taat aturan agar usaha tidak mendapatkan masalah ke depannya.

Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit selama ini sudah dikatakan taat hukum, mengikuti aturan yang ada. Ini sesuatu yang positif sesuai harapan pemerintah.

Seperti yang dilakukan pihak PT Pertamina EP Asset I Lirik, dalam menyikapi adanya temuan dan keluhan masyarakat terkait ada limbah yang diduga mengganggu lingkungan di lokasi perusahaan, maka mengundang berbagai pihak termasuk Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Inhu untuk mencari solusi terbaik.

"Kita sangat bangga dan memberikan apresiasi tinggi atas perhatian pihak perusahaan, ini contoh yang baik," kata Kapala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Indragiri Hulu Selamet di Rengat, Rabu.

Kepala DLH Inhu mengatakan, Bupati Indragiri Hulu Yopi Arianto dan Wakil Bupati Khairizal telah membangun Indragiri Hulu lebih baik, mensejahterakan masyarakat namun juga meminta semua perusahaan taat aturan jika berinvestasi di daerah, serta menjalin kemitraan dengan masyarakat agar usaha bisa berjalan lancar.

Masyarakat memiliki hak untuk mengontrol, tujuannya adalah positif agar ada pengawasan, kemitraan antara perusahaan, pemerintah maupun masyarakat sekitar perusahaan.

"Jika ada masalah mari duduk bersama, mencari solusi terbaik sehingga tidak ada saling dirugikan," sebutnya.

Suasana pertemuan perwakilan perusahaan dengan pemerintah. (ANTARA/Asripilyadi)


Sementara Sekretaris Daerah Inhu Hendrizal dalam berbagai kesempatan juga menyebutkan, semua perusahaan harus saling bersinergi agar perusahaan dengan masyarakat tercipta hubungan baik.

Kepedulian perusahaan dengan lingkungan adalah bukti kemitraan, program CSR yang diatur oleh Undang - Undang harus berjalan maksimal, apa yang dilakukan oleh pihak perusahaan di Indragiri Hulu selama ini sudah baik.

"Apa yang menjadi harapan Pemkab dan masyarakat harus disikapi dengan bijak," ujar Selamet.

Menurut Selamet, persoalan limbah selama ini tidak terlalu berdampak negatif, pasalnya setiap ada dugaan limbah mencemari lingkungan selalu diuji, hasilnya belum ada yang dikategorikan berbahaya.

Uji laboratorium selama ini dilakukan di Kota Pekanbaru, tahun 2020 di daerah sendiri sudah bisa karena telah memiliki fasilitas sendiri.

(Advetorial).
Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar