Wagub Riau ajak lintas OPD perangi HIV/AIDS

id wagubri, wagub riau, hiv/aids riau, berita aids, berita riau

Wagub Riau ajak lintas OPD perangi HIV/AIDS

Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution. (ANTARA/FB Anggoro)

Pekanbaru (ANTARA) - Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution mengajak seluruh lintas program Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta anggota KPA Provinsi Riau untuk bersama-sama memerangi dan menanggulangi penyakit berbahaya HIV/AIDS.

"Penanggulangan HIV/AIDS di Riau tidak akan berhasil apabila hanya ditangani oleh Dinas Kesehatan dan Pelayanan Kesehatan saja, harus bersama-sama" katanya di Pekanbaru, Senin (3/11).

Hal itu dikatakannya melihat banyaknya jumlah penderita HIV/AIDS di Riau yang mencapai 5.859 orang.

Ini sangat memprihatinkan, karakteristik temuan kasus HIV/AIDS di Riau sudah mengarah kepada populasi umum," kata Edy.

Dijelaskannya, temuan kasus HIV/AIDS ini lebih besar pada kaum ibu rumah tangga, dimana sesuai pendataan ibu rumah tangga berada di peringkat tiga terbesar.

"Jika dikelompokkan ke dalam kelompok usia, maka temuan kasus HIV terbesar banyak ditemukan pada kelompok umur 25 sampai dengan 45 tahun," jelasnya.

Ia mengaku, untuk penekanan kasus ini, Pemprov Riau telah melaksanakan berbagai upaya dengan maksimal, salah satunya percepatan penanggulangan HIV/AIDS secara nasional dengan menetapkan Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang harus dicapai pemerintah daerah yang tertuang dalam PP Nomor 2 Tahun 2018.

Hal ini juga sesuai dengan Permendagri Nomor 100 Tahun 2018 dan Permenkes Nomor 4 Tahun 2019 pencapaiannya harus bisa di gesa pihak terkait.

"Pencapaian SPM ini tanggung jawab pemerintah daerah, yakni Gubernur dan Bupati/Wali Kota. Maka itu kita berharap terus ditekankan agar kasus HIV/AIDS bisa diatasi dengan baik," harapnya.

Baca juga: Tiada kata terlambat tobat bagi penderita HIV/AIDS

Baca juga: VIDEO - Dinkes Kota Pekanbaru lakukan tes HIV gratis di pusat perbelanjaan


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar