Bupati Rokan Hilir Minta Kerusakan Jembatan Jumrah Harus Cepat Ditangani

id bupati rokan, hilir minta, kerusakan jembatan, jumrah harus, cepat ditangani

Bupati Rokan Hilir Minta Kerusakan Jembatan Jumrah Harus Cepat Ditangani

Istimewa

Oleh Dedi Dahmudi

Rokan Hilir, (Antarariau.com) - Bupati Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau Suyatno menegaskan, penanganan terhadap jembatan Jumrah di Kepenghuluan Jumrah, Kecamatan Rimba Melintang yang mengalami kerusakan pada bagian coran penyangga telah dilakukan pihak terkait.

"Hari ini PU dari pusat telah turun untuk melakukan penanganan terhadap jembatan Jumrah yang ada agak rusak. Sebelumnya saya telah menyampaikan kejadian itu kepada Gubernur Riau (Gubri) dan Kepala PUPR Riau," kata Suyatno usai menghadiri Seminar Ilmiah Kebidanan dalam rangka HUT IBI Ke-67 di Gedung Serbaguna Bagansiapiapi, Rohil, Senin.

Langkah penanganan itu cukup cepat dilaksanakan untuk meminimalisir terjadinya dampak yang tidak diinginkan, seiring dengan lalu lintas kendaraan yang tetap tinggi setiap harinya melewati jembatan tersebut.

Bupati mengatakan telah menerima informasi terkait dengan kejadian itu beberapa hari lalu. Begitu mendapatkan info dirinya langsung menyampaikan kepada Gubri agar persoalan itu segera ditangani secepatnya. Dari Gubri itulah katanya yang memberitahukan Bupati bahwa ada tim dari pusat yang turun ke Jumrah.

"Memang sudah tepat harus cepat ditangani, kalau tak cepat bisa berbahaya. Pasalnya ini satu-satunya akses jembatan penghubung antar daerah terutama di Bagansiapiapi. Kalau mau keluar harus lewat jembatan, kalau terputus bisa lumpuh ekonomi, bisa macet dan segala macamnya, makanya PU pusat segera turun," tuturnya.

Bupati mengharapkan segera tuntas untuk perbaikan dimaksud sehingga tidak ada lagi persoalan dan kekhawatiran masyarakat saat melintasi jembatan tersebut bisa hilang. Sebelumnya bagian coran penyangga jembatan diketahui rusak dan ambruk terkena abrasi Sungai Rokan.

"Informasi dari masyarakat pangkal jembatan Jumrah yang dari arah Ujung Tanjung-Bagansiapiapi, coran penyangga sebagai jalan yang menghubungkan ke atas jembatan runtuh akibat tergerus abrasi," ujar Kapolsek Rimba Melintang Iptu Boy Setiawan, Sabtu (15/9) kemarin.

Kapolsek menambahkan, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak dinginkan pihaknya memasang Traffic Cone dan Police Line agar jalur jalan sebelah kiri dari arah Ujung Tanjung menuju arah Bagansiapiapi, yang menghubungkan ke atas jembatan Jumrah tidak dilintasi oleh kendaraan.

Pasalnya pada bagian jalan tersebut, dimana terdapat bagian coran penyangga itu telah jatuh karena abrasi. Sehinga diharapkan tidak menambah beban berat pada permukaan jalan, karena dikhawatirkan bisa mengakibatkan kerusakan tambahan. (adv)