Ingin Jadi Orang Sukses, Coba Tips Sederhana Berikut

id ingin jadi, orang sukses, coba tips, sederhana berikut

Ingin Jadi Orang Sukses, Coba Tips Sederhana Berikut

Jakarta (Antarariau.com) - Cara berbicara tak hanya mempengaruhi bagaimana orang lain memandang kita, tapi juga bisa mengubah perilaku kita.

Menukar satu kata dengan kata lain bisa mengubah cara menggapai suatu tujuan, kata profesor Bernard Roth dari Stanford. Dalam buku "The Achievement Habit", Roth menyarankan beberapa perubahan cara memilih kata untuk membuat seseorang jadi lebih sukses.

Ada dua contoh yang mudah untuk langsung dipraktikkan:

1. Tukar "tapi" menjadi "dan"

Misalnya, seseorang berkata "Saya ingin nonton ke bioskop, tapi saya harus menyelesaikan pekerjaan."

Roth menyarankan untuk menggantinya jadi, "Saya ingin nonton ke bioskop, dan saya harus menyelesaikan pekerjaan ."

Dia menulis, "Ketika Anda menggunakan kata tapi, Anda menciptakan konflik (dan kadang sebuah alasan) untuk diri sendiri yang sebenarnya bisa dihilangkan."

Dengan kata lain, sebenarnya memungkinkan untuk pergi ke bioskop kemudian menyelesaikan pekerjaan, Anda hanya harus mencari solusi.

Ketika Anda menggunakan kata "dan", otak akan berpikir bagaimana cara menghadapi dua urusan itu. Mungkin Anda harus menonton film yang durasinya lebih pendek, atau Anda harus mengalihkan sebagian pekerjaan pada orang lain.

2. Tukar "harus" dengan "ingin"

Dilansir Independent, Roth merekomendasikan latihan sederhana, saat Anda memikirkan "saya harus", ganti dengan "saya ingin".

"Latihan ini sangat efektif untuk membuat orang menyadari apa yang mereka lakukan dalam hidup --meski hal yang dianggap tidak menyenangkan -- pada faktanya adalah hal yang telah mereka pilih," kata dia.

Misalnya, seorang murid Roth merasa dia harus mengambil mata kuliah matematika yang wajib di jurusannya, meski ia benci matematika. Pada suatu waktu setelah menyelesaikan latihan, ia menyadari bahwa dia memang ingin mengambil kelas itu karena rasa puas setelah menyelesaikan tugas lebih besar ketimbang rasa tak nyaman duduk di kelas yang tak ia sukai.