Baru 35,31 Persen Warga Siak yang Mendaftar BPJS Kesehatan

id baru 3531, persen warga, siak yang, mendaftar bpjs kesehatan

Baru 35,31 Persen Warga Siak yang Mendaftar BPJS Kesehatan

Siak (Antarariau.com) - Kepala unit pemasaran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan cabang Siak Rina Elfita Purba menyampaikan bahwa penduduk Kabupaten Siak yang sudah mendaftar ataupun bergabung perusahaan asuransi tersebut baru sebanyak 35,31 persen.

"Ini merupakan jumlah yang kecil kalau kita bandingkan dengan jumlah masyarakat Kabupaten Siak secara keseluruhannya," kata Kepala Unit Pemasaran BPJS Kesehatan Cabang Siak Rina Elfita Purba di Siak, Rabu.

Dia mengatakan, pihaknya akan terus memperbaiki pelayanan pada masyarakat dan meningkatkan koordinasi serta rutin mengevakuasi setiap kekurangan.

Kami berharap semoga kedepannya semakin banyak masyarakat Kabupaten Siak yang bergabung dengan BPJS Kesehatan," ucapnya.

Dia menyebutkan, untuk program tahun 2019 yakni seluruh masyarakat Indonesia telah bergabung dengan BPJS Kesehatan tercapai.

Sementara itu Wakil Bupati Siak Alfedri saat membuka rapat koordinasi dan kemitraan BPJS Kesehatan di ruang rapat Pucuk Rebung Kantor Bupati Siak mengajak semua unsur pemerintahan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, meski yang bersangkutan merupakan peserta Jamkesda ataupun BPJS.

"Dari berbagai program yang telah dilaksanakan bersama BPJS, tentunya kita masih punya kelemahan baik itu dari segi kelembagaan, pelaksanaan dan juga dari sisi keuangan, baik itu dari pemerintah maupun BPJS Kesehatan sendiri," sebut Wabup.

Katanya, meskipun program tersebut sudah berjalan, akan tetapi sampai saat ini masih ada permasalahan yang terjadi. Seperti masyarakat yang sudah lama terdaftar, namun belum menerima kartu dari pihak BPJS.

Semoga kekurangan itu dapat diperbaiki kedepannya. Sesuai dengan Undang-Undang 42 tahun 2014 bahwa seluruh masyarakat Indonesia nantinya pada tahun 2019 harus sudah tergabung dengan BPJS Kesehatan, sambung Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Siak Tony Chandra.

Turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Siak Tony Chandra, Unit Pemasaran BPJS Kesehatan Cabang Dumai Enike Noviant, dan sejumlah perwakilan dari SKPD dilingkungan pemerintah Kabupaten Siak.

Oleh: Nella Marni