Pos PIN Polio Pekanbaru Tidak Layani Bayi dengan HIV AIDS

id pos pin polio pekanbaru tidak layani bayi dengan hiv aids

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Provinsi Riau mengingatkan petugas bahwa pos Pekan Imunisasi Nasional Polio tidak melayani bayi yang termasuk dalam Orang Dengan HIV/AIDS atau ODHA.

"Alasannya, karena RSUD punya layanan khusus bayi ODHA dan termasuk penanggulangan vaksin polionya," kata Kepala Seksi Pengawasan Penyakit dan Pengendalian Kejadian Luar Biasa pada Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Hamdan di Pekanbaru, Jumat.

Hamdan menjelaskan jika di lapangan tim menemukan informasi bayi ODHA, maka petugas diminta merujuk mereka ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad.

"Bayi ODHA tidak akan dilayani pemberian vaksin Polionya di pos PIN yang tersedia. Namun diarahkan untuk dirujuk ke RSUD," tuturnya.

Sesuai data Dinkes Pekanbaru, terdapat sekitar 700 an ODHA diwilayah tersebut. Sebanyak kurang dari 10 orang berusia bayi dan balita.

"Tim khusus yang dimiliki RSUD sudah mencatat mereka dan menyediakan perlakuan khusus PIN polionya," beber Hamdan.

Bukan hanya bayi ODHA, terang dia lebih jauh bayi yang dalam kondisi sakit dan kurang sehat juga tidak boleh divaksin Polio. Karena dikhawatirkan akan mengalami reaksi lain.

"Kami sudah sosialisasikan ini sebelumnya kepada semua petugas PIN Polio di Pekanbaru," ungkapnya.

Hamdan menyebutkan bayi yang datang ke pos PIN terlebih dahulu harus dipastikan dalam kondisi sehat, tidak boleh alami gangguan kesehatan seringan apapun misalkan flu, apalagi demam dan diare.

"Petugas PIN harus tahu itu sesuai Standar Operasional Petunjuk," terangnya.

Jika ditemukan ada bayi yang sakit atau sedang dirawat, maka akan dilakukan penundaan pemberian vaksin polio hingga mereka sembuh.

Andai hingga tanggal PIN yang ditetapkan terlewati dari 8-15 Maret bayi masih sakit, maka tetap tidak akan diberikan vaksin Polio.

"Jika demikian maka pihak rumah sakit dan dokter yang menangani bayi sakit akan memberikan rekomendasi tersendiri untuk divaksin polio susulan," bebernya.

Hamdan menambahkan sejauh ini pelaksanaan PIN Polio di Pekanbaru berlangsung aman dan terkendali.

Jumlah sasaran bayi yang akan di PIN Pilio di Pekanbaru 64.256 jiwa, dengan

Cakupan pelaksanaan hari pertama 21.825 bayi atau 33,97 persen.