Pemko Mulai Kerjakan Akses Menuju Tol Pekanbaru-Dumai

id pemko mulai, kerjakan akses, menuju tol pekanbaru-dumai

Pemko Mulai Kerjakan Akses Menuju Tol Pekanbaru-Dumai

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Pekanbaru mulai melakukan pengerjaan akses jalan menuju tol Pekanbaru-Dumai, Provinsi Riau, atau yang disebut lingkar luar paket IV.

"Tidak isapan jempol lagi, karena pengerjaan pembangunan jalan diperbatasan Kabupaten sekitar Pekanbaru yakni Siak, Kampar, dan Pelalawan tersebut sudah mulai dilaksanakan," kata Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, di Pekanbaru, Senin.

Wako usai peninjauan akses jalan lingkar luar menuju tol Pekanbaru-Dumai, didampingi Kadis PU Bina Marga, Zulkifli, Kadis PU Cipta Karya, Nasri, menjelaskan, jalan lingkar luar paket IV Pekanbaru - Dumai sudah mulai dikerjakan sepanjang tiga kilometer.

Ini merupakan salah satu cara mewujudkan program pembangunan kawasan perkotaan Pekansikawan (Pekanbaru, Siak, Kampar dan Pelalawan).

Menurut Wako pembangunan akses jalan diperbatasan Kabupaten sekitar Pekanbaru yakni Siak, Kampar, dan Pelalawan tersebut memang dirancang untuk membuka daerah yang terisolasi.

"Saat ini sejumlah alat berat sudah berkerja di kawasan rencana jalan lingkar perbatasan Siak, Pelalawan dan di perbatasan Kampar," terangnya.

Wako juga mengaku saat peninjauan, sengaja mengitari perkampungan di kawasan Geringging-Okura, terus ke perbatasan Pekanbaru, Siak tembus ke Lintas Tol Pekanbaru-Dumai yang disebut dengan Jalan Lingkar luar paket empat.

Tujuannya untuk memastikan tidak ada kendala yang dihadapi dalam pengerjaan dan pembangunan jalan.

"Ini ruas jalan "auto ring road" (lingkar luar) kota Pekanbaru," katanya sambil menunjukkan tangannya kearah pembangunan.

Ia menyebutkan, Pemko sudah menganggarkan dana besar untuk proyek ini melalui anggaran tahun banyak.

"Panjang pembangunan jalan Tebing Tinggi Okura menuju akses tol Pekanbaru-Dumai mencapai sekitar 14, 8 km," jelasnya.

Wako menambahkan, pengerjaan jalan lingkar luar tersebut adalah salah satu program stretgis Pemko Pekanbaru dalam mewujudkan pengembangan kawasan Perkotaan Pekan Sikawan.

"Diharapkan seluruh kawasan di Kota Pekanbaru akan terbuka tidak ada lagi yang terisolasi, serta memberikan jangkauan transportasi yang cepat bagi masyarakat dengan perbatasan," tambahnya.

Dikatakan Wako dimulainya pembangunan jalan sepanjang 3 km ini tidak terlepas dari dukungan masyarakat demi memperlancar pemerataan pembangunan.

Dengan dibuka nya akses ini dapat memperlancar jalan menuju Pekanbaru-Dumai. Ia juga berharap pembangunan tol Pekanbaru- Dumai akan dimulai pada tahun ini.

"Seperti pesan Presiden Jokowi pada musrembangnas dua pekan lalu, bahwa trans tol Sumatera dimulai dari Lampung kemudian Sumatera Selatan, Sumatera Utara dan menuju Riau yaitu Pekanbaru-Dumai," tambahnya.

Jadi, pembangunan "auto ring road" ini bersinergi dengan tol Pekanbaru-Dumai, yang merupakan akses jalan dari lintas timur. Ditambah dengan selesainya nanti jembatan siak V bisa menghubungkan jalan ini nantinya menuju pusat kota Pekanbaru.

Walikota menargetkan jalan "auto ring road" selesai pada akhir tahun 2016.