BPBD Bengkalis Kesulitan Sumber Air Padamkan Karhutla

id , bpbd, bengkalis kesulitan, sumber air, padamkan karhutla

   BPBD Bengkalis Kesulitan Sumber Air Padamkan Karhutla

Bengkalis, (Antarariau.com) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, mengaku kesulitan sumber air untuk memadamkan api di lokasi penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

Kepala Bidang BPBD Damkar Bengkalis, Suiswantoro, Kamis, menyatakan, pihaknya kesulitan mendapatkan sumber air di lokasi kebakaran hutan ini karena kanal mengalami kekeringan pada musim panas.

"Kita kesulitan mendapatkan sumber air untuk pemadaman kebakaran hutan dan lahan ini karena musim panas yang terjadi juga sumur yang digali tidak mengeluarkan banyak air," katanya.

Ia menjelaskan, upaya penanggulangan kebakaran lahan ini dilakukan dengan menurunkan petugas di lapangan dan berkoordinasi bersama sejumlah aparat pemadaman terkait lainnya.

Meski sejauh ini mengalami kesulitan pasokan air, dan lokasi karhutla yang jauh kedalaman, namun pihaknya terus mengupayakan supaya kebakaran lahan terkendali dengan cara memasok air menggunakan armada mobil tangki.

"Kendala mendapatkan air ini tidak menyurutkan semangat personel di lapangan untuk melakukan pemadaman api kebakaran lahan," sebutnya.

BPBD Bengkalis saat ini terus memantau kejadian karhutla di dua lokasi, yaitu di Desa Penebal dan Desa Pedekik Kecamatan Bengkalis.

Untuk kebakaran lahan di lokasi penebal diperhitungkan luasannya sekitar 3,5 hektare dan saat ini masih belum 100 persen padam, sementara di Desa Pedekik seluas 3 hektare merupakan titik api yang mulai terbakar Selasa kemarin.

"Beberapa hari terakhir kita disibukkan dengan pemadaman kebakaran hutan dan lahan, sebanyak tiga titik di dua kecamatan,yakni kecamatan Bukit Batu dan Kecamatan Bengkalis,¿ katanya.

Ia menjelaskan Untuk titik di kecamatan Bukit Batu telah berhasil dipadamkan, dan dua titik di kecamatan Bengkalis saat ini belum sepenuhnya padam dan terus dilakukan upaya pemadaman oleh petugas.