BMKG: Suhu Udara Riau Dekati Ekstrem

id bmkg suhu, udara riau, dekati ekstrem

BMKG: Suhu Udara Riau Dekati Ekstrem

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Suhu udara di sebagian besar wilayah Provinsi Riau pada siang hari saat ini berada di antara 35-36 derajat celsius atau mendekati situasi ekstrem yang mencapai 37,5 derajat, kata analis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Ardhitama.

"Memang sejauh ini panas, namun situasi ekstrem belum tercapai. Sepanjang Juni rata-rata panas berada di kisaran 35-36 derajat," kata Ardhitama kepada pers di Pekanbaru, Selasa siang.

Untuk prakiraan cuaca, lanjut kata dia, saat ini di sebagian besar wilayah Riau masih minim hujan dan cenderung panas pada siang hari.

Menurut dia lagi, peluang hujan ringan ada namun masih bersifat lokal yang diperkirakan berdurasi minim.

Kondisi demikian kata Ardhitama masih akan menimbulkan peluang terjadinya kebakaran hutan dan lahan di berbagai wilayah kabupaten/kota.

Sementara itu menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, terakhir satelit NOAA 18 merekam keberadaan sebanyak 61 titik panas (hotspot) di daratan Provinsi Riau.

Terbanyak berada di Kabupaten Rokan Hilir yakni 31 titik, Bengkalis (7), Dumai (6), Rokan Hulu (5), Kampar (4), Siak (3), Kuantan Singingi (3), Pelalawan (1) dan Meranti juga satu titik.

Titik panas hasil rekaman satelit dideteksi berdasarkan suhu udara di atas 43 derajat celsius yang patut diduga merupakan peristiwa kebakaran hutan dan lahan.