Petugas gabungan di Riau padamkan api di Kuala Cenaku

id Pemerintah Provinsi Riau

Petugas gabungan di Riau padamkan api di Kuala Cenaku

Foto status kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau dinyatakan nihil kini. ANTARA/HO-Humas BPBD Riau.

Pekanbaru (ANTARA) - Petugas gabungan berhasil memadamkan api yang membakar semak belukar di Kuala Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) setelah sempat berjibaku memadamkan api tersebut.

"Tim pemadam kebakaran melakukan pendinginan terakhir pada Sabtu (24/8) dan kini kebakaran lahan di Kuala Cenaku sudah sepenuhnya padam," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M. Edy Afrizal di Pekanbaru, Senin.

Menurut Edy, pihaknya sudah melakukan segala upaya untuk memastikan api benar-benar padam. Setelah pendinginan terakhir kemarin, hari ini sudah dipastikan tidak ada lagi api yang menyala.

Para petugas yang sebelumnya dikerahkan dari darat dan udara, berhasil mengendalikan situasi yang sangat menantang itu. Selanjutnya perlengkapan pemadaman telah ditarik dari lokasi namun patroli udara tetap berjalan untuk memastikan tidak ada api yang kembali muncul.

"Setelah kebakaran di Kuala Cenaku padam maka saat ini status kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau dinyatakan nihil. Sebelumnya beberapa wilayah di Riau mengalami kebakaran hutan dan lahan yang cukup luas namun semua titik api telah berhasil dipadamkan," katanya.

Ia mengimbau petugas dan masyarakat agar tetap waspada dan terus menjaga lingkungan agar kejadian serupa tidak terulang di masa mendatang. Pemerintah dan berbagai pihak juga akan terus memantau kondisi hutan dan lahan untuk mencegah potensi kebakaran di masa depan.

Forecaster on Duty Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, Mohd Ibnu Amiruddin, merilis pada malam hari, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kuantan Singingi dan Kabupaten Indragiri Hulu.

"Waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Rokan Hilir, Rokan Hulu, Bengkalis, Kampar, Pelalawan, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu dan Kota Dumai pada malam hari," katanya.

Suhu udara di Riau hari ini berada di angka 22.0 – 33.0 °C dengan kelembapan udara 60-99 persen. Sementara arah angin berhembus ke barat laut – timur laut dengan kecepatan 10-30 km/jam. Prakiraan tinggi gelombang di wilayah perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50-1.25 meter (rendah).

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Petugas gabungan padamkan api di Kuala Cenaku