PLN Siap Berikan Kompensasi Kepada Pelanggan

id pln siap, berikan kompensasi, kepada pelanggan

PLN Siap Berikan Kompensasi Kepada Pelanggan



Rengat, (Antarariau.com) - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN)Persero Cabang Area Rengat Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, berjanji memberikan kompensasi kepada pelanggan yang merasa dirugikan akibat pemadaman listrik bergilir.

"Kompensasi diberikan apabila pemadaman listrik sudah melebihi Tingkat Mutu Pelayanan (TMP) yang dideklarasikan tiap rayon. Namun harus ada data yang akurat soal tingkat kerugian itu," kata Asisten Manajer Pemangkit PLN Area Rengat Arif Supriadi di Rengat, Rabu.

Ia mengatakan, keluhan pelanggan selama ini juga menjadi perhatian pihak PLN, hanya saja kerugian yang disebut-sebut sejumlah warga diperkirakan belum memenuhi batas tingkat mutu pelayanan sesuai aturan perusahaan.

Namun jika ditemukan sejumlah pelanggan yang merasa dirugikan dan jumlahnya banyak maka pihak perusahaan akan memikirkan hal itu.

Akan tetapi tambahnya, perusahaan dalam melakukan pemadaman secara bergilir karena kondisi rugi dan pasokan arus listrik belum bisa memenuhi kebutuhan pelanggan.

"Faktor listrik mati dan dipadamkan sesuai dengan situasi PLN saat ini," tegasnya.

Dijelaskan Arif, TMP di setiap rayon berbeda-beda dan selalu berubah setiap triwulan yang dipublikasikan secara terbuka.

Adapun kompensasi atas pemadaman listrik dihitung dari biaya beban yang dibayarkan tiap bulan oleh masing-masing pelanggan dibagi dengan selisih pemadaman dari TMP yang dideklarasikan oleh tiap rayon.

"Jika pelanggan dengan daya 1.300 KWh maka kompensasi yang dapat diberikan mencapai Rp55 per jam," ucapnya.

Jumlah tersebut dikali dengan total selisih pemadaman per bulan, sehingga jumlahnya tidak terlalu besar dan tidak signifikan bagi pelanggan.

Meski begitu ia meyakini pelanggan yang ada saat ini belum mencapai batas TMP sehingga pihak PLN masih berupaya untuk terus meningkatkan pelayanannya.

"Kami akan terus meningkatkan kinerja untuk melayani pelanggan," janjinya.