Bupati Siak pimpin apel siaga karhutla dan cuaca ekstrem

id Bupati Siak, apel siaga, karhutla, cuaca ekstrem

Bupati Siak pimpin apel siaga karhutla dan cuaca ekstrem

Peserta apel siaga karhutla di Halaman Kantor Bupati Siak. (ANTARA/Bayu Agustari Adha)

Siak (ANTARA) - Bupati Siak Alfedri memimpin Apel pencegahan dan kesiapsiagaan dan dalam menghadapi bencana kebakaran hutan dan lahan dan cuaca ekstrem tahun 2023. Apel di Halaman Kantor Bupati Siak, Selasa, diikuti pimpinan organisasi perangkat daerah, forum komunikasi pimpinan daerah, serta personel sejumlah perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Siak.

Dalam arahannya sebagai pemimpin apel Alfedri mengatakan langkah ini diambil sebagai bentuk kesiapan dalam pencegahan dan penanganan. Pasalnya Kabupaten Siak rentan terhadap terjadinya karhutla.

"Pada 2022 kita urutan kesembilan terbanyak kebakaran dengan luas 24 hektare, 31 titik api, dan 108 titik panas. Pada tahun 2023 ini sudah 22 ha, 27 titik api, 82 titik panas. Kita patut waspada karena El Nino dan La Nina mencapai puncaknya Juni, Juli, dan Agustus," katanya.

Sebagai bentuk pencegahan dini dalam menghadapi musim kemarau, sebutnya Siak telah mengeluarkan sejumlah keputusan. keputusan. Di antaranya penetapan status siaga bencana karhutla, pembentukan satgas penanganan karhutla, penetapan posko gabungan, penetapan petugas patroli gabungan, dan pembentukan tim reaksi cepat gabungan bencana alam dan non alam.

"Upaya lainnya pembuatan sekat kanal dan embung. Patroli terpadu tetap dilakukan selama status siaga ditetapkan, seluruh personel dan peralatan sudah disiapkan karena kejadian karhutla tidak mengenal hutan lindung, cagar biosfer, lahan perusahaan, lahan masyarakat. Jadi tidak bisa secara parsial, perlu kerjasama masing-masing pihak," sebutnya.

Usai memberikan arahan, Bupati Siak mengecek masing-masing sarana dan prasarana karhutla dari TNI, Polri, Manggala Agni Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, serta sejumlah perusahaan. Setelah itu bupati bersama-sama menyaksikan atraksi penanganan karhutla oleh Tim Fire Fighter PT Arara Abadi APP Sinarmas.

Api terlihat membara di lapangan Kantor Bupati Siak, tim darat PT Arara Abadi mencoba memadamkan. Kemudian dibantu juga oleh tim udara melalui helikopter water bimbing dalam masakan api.

"Kita apresiasi atraksi Sinarmas, artinya penanganan karhutla tak hanya dari sisi darat, tapi juga harus didukung dari udara. Tadi kita lihat atraksi water bombing, ini kita apresiasinya, mudahan di lapangan bisa terealisasikan dengan baik untuk mengatasi karhutla," ucap Bupati Siak.