PTPN V berbagi keberkahan di Hari Raya Kurban

id Ptpn,Ptpn v, idul adha

PTPN V berbagi keberkahan di Hari Raya Kurban

Karyawan PTPN V bergotong royong membersihkan dan mendistribusikan paket daging kurban pada perayaan Idul Adha 1444 Hijriah atau 2023 ini. Sedikitnya 300 ekor sapi dan kambing yang mayoritas berasal dari para karyawan dikurbankan pada tahun ini. (ANTARA/HO-PTPN)

Pekanbaru (ANTARA) - Anak usaha Holding Perkebunan Nusantara III Persero yang akan segera terintegrasi ke dalam Sub Holding PalmCo, PT Perkebunan Nusantara V mendistribusikan sebanyak 20.000 paket daging kurban kepada karyawan dan masyarakat sekitar perusahaan dalam momen Idul Adha 1444 Hijriah ini.

Puluhan ribu paket daging kurban yang berasal dari 300 ekor hewan kurban sapi dan kambing tersebut mayoritas berasal dari karyawan perusahaan. Sementara, sebagian lainnya merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL).

Para karyawan perusahaan perkebunan plat merah yang beroperasi di Provinsi Riau tersebut mengakui terjadi peningkatan semangat kurban pada tahun ini setelah perusahaan berhasil mencatat kinerja gemilang sepanjang 2022 lalu.

"Ini adalah ungkapan rasa syukur atas rezeki yang diberikan Allah kepada perusahaan. Kami ingin berbagi kebahagiaan di perayaan Idul Adha ini," kata Yosendra salah seorang karyawan yang bertugas di Kantor Kebun Tandun PTPN V, Kabupaten Kampar.

PTPN V memang baru saja berhasil mencatat kinerja keuangan tertinggi sepanjang sejarah pada 2022 lalu dengan laba bersih mencapai Rp1,5 triliun.

Di bawah kepimpinan CEO PTPN V, Jatmiko Santosa, sepanjang empat tahun terakhir perusahaan yang bergerak di bidang agribisnis komoditas sawit dan karet itu berhasil hattrick atau tiga kali berturut-turut mencatatkan kinerja finansial tertinggi sepanjang sejarah.

Mulai dari 2020 sebesar Rp416 miliar dan 2021 sebesar Rp1,3 triliun dan tahun 2022 mencapai Rp1,5 triliun. Kinerja meyakinkan tersebut juga berimbas pada pembagian imbalan jasa tahunan atau bonus yang diterima karyawan melonjak tajam dan menjadikan penerimaan bonus terbesar yang pernah diterima karyawan.

"Semoga dengan ibadah kurban ini, kami bisa lebih bertakwa dan PTPN V diberikan keberkahan serta limpahan rezeki di kemudian hari," timpal karyawan lainnya, Yunan Harahap.

Chief Executive Officer PTPN V, Jatmiko Santosa mengaku bahagia dengan antusiasme karyawan PTPN V yang tersebar di berbagai penjuru Riau itu untuk menyisihkan sebagian rezekinya dan berbagi bersama melalui perayaan Idul Adha tahun ini.

Ia mengatakan bahwa rezeki halal yang diterima adalah hak seluruh karyawan atas komitmen, konsistensi, persistensi, serta Istiqomahnya dalam menjalankan program transformasi yang berlangsung sejak 2019 lalu.

"Hari ini adalah hari yang berbahagia untuk seluruh umat muslim dan saudara-saudara PTPN V. Terimakasih telah menyisihkan sebagian rezeki yang diterima untuk berbagi kebahagiaan bersama di hari yang baik ini," tutur Jatmiko.

Lebih jauh, ia menjelaskan peringatan Idul Adha menjadi momen yang tepat untuk menunjukkan rasa syukur kepada Sang Khalik atas rezeki dan keberkahan yang diberikan kepada perusahaan dan karyawan.

“Pelaksanaan kurban menjadi bentuk ucapan rasa syukur kita dan kepada Allah subhanahu wata’ala. Semoga dengan pelaksanaan kurban ini bisa menjadi ladang amal serta meningkatkan iman dan taqwa kita, sehingga insan PTPN V diberikan keberkahan untuk terus berkarya dan tumbuh positif," urainya.

Ucapan terima kasih masyarakat

Keberkahan Idul Adha turut dirasakan masyarakat Desa Talang Danto dan Kasikan, Kecamatan Tapung Hulu, Kabupaten Kampar. Sebanyak sembilan ekor sapi didistribusikan kepada masyarakat yang bermukim di sekitar Distrik Barat PTPN V.

"Alhamdulillah, kepedulian PTPN V turut menularkan semangat keberkahan dan kebahagiaan untuk masyarakat. Insya Allah bantuan hari raya kurban ini dengan amanah akan kami salurkan kepada masyarakat setempat," kata kepala Desa Talang Danto, Julisman.

Ia berharap dengan bantuan hewan kurban itu PTPN V dapat terus tumbuh positif untuk membawa kebaikan di tengah-tengah masyarakat.

Saban tahun, PTPN V kerap melaksanakan penyembelihan hewan kurban dengan jumlah yang cukup besar. Pada tahun lalu, juga lebih dari 300 ekor sapi dikurbankan dan dagingnya disalurkan kepada mereka yang membutuhkan.

Ketua Serikat Pekerja Tingkat Perusahaan – Perkebunan PTPN V (SPTP-BUN PTPN V), Asmanudin Sinaga menambahkan bahwa semangat karyawan dalam berkurban merupakan bentuk syukur atas limpahan berkah dan nikmat yang diberikan Allah SWT kepada perusahaan plat merah tersebut.

Terutama, lanjutnya, dengan perkembangan positif perusahaan dalam tiga tahun terakhir serta berhasil menorehkan laba tertinggi sepanjang sejarah pada 2022 lalu.

“Alhamdulillah, karyawan PTPN V memiliki semangat yang sangat tinggi untuk melaksanakan ibadah kurban. Saya kira hal ini adalah bagian dari ungkapan rasa syukur kita kepada Yang Kuasa atas segala nikmat dan keberkahan yang kita peroleh selama ini. Mewakili segenap karyawan PTPN V, kami mengucapkan selamat Idul Adha 1444 Hijriah kepada saudara-saudara kami yang merayakannya,” urainya.