Azerbaijan usul agar pembicaraan garis batas dengan Armenia dipercepat

id Berita ahri ini, berita riau terbaru, berita riau antara

Azerbaijan usul agar pembicaraan garis batas dengan Armenia dipercepat

Arsip foto - Warga, termasuk tentara Azerbaijan, mengendarai kendaraan militer di pemukiman Suqovushan, yang berada di bawah kendali pasukan Azerbaijan, menyusul konflik militer atas Nagorno-Karabakh terhadap pasukan etnis Armenia dan penandatanganan kesepakatan gencatan senjata, di Distrik Tartar, Azerbaijan (6/12/2020). (ANTARA/REUTERS/Aziz Karimov/hp/cfo/aa)

London (ANTARA) - Kementerian Luar Negeri Azerbaijan pada Minggu (2/10) mengatakan telah mengusulkan agar pembicaraan dengan Armenia dimajukan menjadi pada Oktober, dari semula November, untuk mengatasi ketegangan di perbatasan mereka.

Pada Minggu, menteri dalam negeri Azerbaijan dan Armenia bertemu di Jenewa, Swiss, setelah pertempuran paling sengit antardua negara bekas Soviet itu sejak 2020 menewaskan lebih dari 200 orang pada akhir September.

"Selama pertemuan, Azerbaijan mengusulkan agar pertemuan komisi bilateral selanjutnya tentang delimitasi (penetapan garis batas) digelar pada Oktober, bukan November, seperti yang sudah disepakati sebelumnya, mengingat ketegangan di perbatasan," demikian isi pernyataan di situs Kemenlu Azerbaijan.

Pertempuran mereka terkait dengan sengketa wilayah pegunungan Nagorno-Karabakh, yang secara internasional diakui sebagai bagian dari Azerbaijan, namun hingga 2020 sebagian besar dikuasai mayoritas penduduk etnik Armenia.

Baca juga: Armenia dan Azerbaijan saling tuding telah melanggar gencatan senjata

Baca juga: Armenia-Azerbaijan umumkan gencatan senjata di perbatasan


Sumber: Reuters