Tunjuk Ajar Melayu Riau Berantas Narkoba

id tunjuk, ajar melayu, riau berantas narkoba

 Tunjuk Ajar Melayu Riau Berantas Narkoba

Pekanbaru, 2/10 (antarariau.com) - Lembaga Adat Melayu Riau melalui ungkapan tunjuk ajar Melayu Riau mendukung upaya pemerintah untuk memberantas peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang di daerah itu.

"Apabila penyakit tidak dibuang, hidup selalu dirundung malang. Tuan lesap marwah-pun hilang. Muda sengsara tua terbuang. Kemana pergi dinista orang," demikian ungkap tunjuk ajar Melayu Riau yang disampaikan Majelis Kerapatan Adat Tenas Effendy di Pekanbaru, Rabu.

Ungkapan itu merupakan petuah amanah yang disampaikan Tenas kepada seluruh lapisan masyarakat tentang bahaya narkoba.

Ia mengatakan, masyarakat harus lebih cerdas dan berani dalam upaya memberantas peredaran narkoba yang sudah semakin "menggila".

Salah satunya, kata dia, yakni dengan lebih menyadari dan memahami sebunuhnya akibat buruk dan mara bahaya serta malapetaka akibat narkoba, baik dalam kehidupan pribadi, maupun dalam berumahtangga dan mermasyarakat, berbangsa serta bernegara.

Tenas juga menuliskan nada pengingatan dari para tetua Melayu, bahwa apabila penyakit dibiarkan merebak, lahir binasa mati-pun rusak.

"Malang bertambah celaka pun banyak. Hidup sengsara marwah tercampak. Apabila penyakit tidak disadari, rusaklah badan binasa-lah diri. Kampung binasa celaka-lah negeri. Tuah hilang, berkah-pun lari."

Ungkapan tetua adat tersebut memiliki makna, bahwa narkoba merupakan biang kemalangan bagi setiaporang, hingga mencelakai orang banyak bahkan berpotensi menghancurkan negara.

Dengan ini, demikian Tenas Effendy dalam oretannya, menyatakan bahwa Lembaga Adat Melayu Riau bertekad bulat dan turut aktif dalam setiap kegiatan dan upaya pemberantasan narkoba sampai ke akar-akarnya.

"LAM Riau juga menyambut baik pencanangan dari Kapolda Riau tentang Riau Bebas Narkoba tahun 2015," katanya.

Kepala Badan Narkotika Nasional RI, Komjen Pol Anang Iskandar, sebelumnya ketika berkunjung ke Pekanbaru beberapa waktu lalu, mengatakan, bahwa jumlah pecandu narkoba di tanah air memiliki tren peningkatan yang cukup signifikan.

Menurut dia termasuk di Riau dimana jumlah pecandu atau pemakai narkoba terus saja bertambah hingga merambah kalangan pelajar dan mahasiswa