PBB di Kuansing Tertinggi Akomodir Perempuan

id pbb di, kuansing tertinggi, akomodir perempuan

PBB di Kuansing Tertinggi Akomodir Perempuan

Kuantan Singingi, 25/9 (antarariau.com) - Dari sebanyak 395 daftar calon tetap anggota DPRD Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau yang terdiri dari 139 caleg perempuan dan 256 caleg laki-laki, menempatkan Partai Bulan Bintang (PBB) sebagai tertinggi dalam mengakomodir keterwakilan perempuan di parlemen yaitu mencapai 39,4 persen.

"Sementara partai lain menempatkan keterwakilan perempuan berkisar antara 32 hingga 39 persen dan terendah 32,4 persen yaitu PKS dan Demokrat," kata Ketua KPU Kuantan Singingi Firdaus Oemar di Kuansing, Rabu.

Ia mengatakan, sejauh ini para caleg yang masuk dalam daftar calon tetap telah diinformasikan kepada masyarakat kabupaten Kuantan Singingi melalui sejumlah media dan baliho yang dipajang pada sejumlah tempat strategis khususnya di lingkungan Pemkab Kuansing dan KPU sendiri.

Sementara itu, partisipasai sejumlah partai peserta pemilu yang mencalonkan caleg perempuannya adalah partai Demokrat 32,4 persen, Partai Hanura 35,5 Persen, partai PDIP 34,3 persen, Partai PKS 32,4 persen, Partai Golkar 34,4 persen, Partai Gerindra 34,3 persen, Partai PAN 36,4 persen, Partai PKPI 35,7 persen, partai PPP 38,2 persen, Partai PKB 33,3 persen dan Partai Nasdem 36,4 persen.

Menurutnya, untuk dapil IV DPT sebanyak 42.948 jiwa, terdiri dari empat kecamatan didalamnya ada 60 desa 131 TPS. Secara keseluruhan kabupaten Kuantan Singingi jumlah DPT mencapai 232.977 jiwa terdiri dari 15 kecamatan, 229 desa 662 TPS.

Salah satu caleg perempuan dari Partai PBB dari Dapil IV Nariman Hadi mengatakan bahwa pada pemilu legislatif 2014 akan kelihatan seru dan lebih kuat persaingannya, karena rata- rata para Caleg memiliki kemampuan dan sudah teruji.

"Saya sendiri sudah mengikuti yang kedua kalinya," sebutnya.

Menurut Nariman Hadi, sebagai Caleg ia selalu siap untuk memberikan yang terbaik kepada simpatisan dan masyarakat sehingga tujuan partai dan tujuan menyejahterakan masyarakat terwujud dengan baik.

Terpenuhinya keterwakilan perempuan setiap partai politik merupakan suatu komitmen dalam penegakan aturan, peluang yang diberikan untuk perempuan merupakan langkah untuk meningkatkan kemampuan dan kepercayaan kapada kaum hawa untuk beprestai dan berkarir, karena kemampuan sejumlah kaum perempuan selama ini juga telah teruji dengan baik dalam segala hal.