Teten Masduki harap pasar dalam negeri tak diserbu produk asing

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Teten masduki

Teten Masduki harap pasar dalam negeri tak diserbu produk asing

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki saat mengunjungi iCantix&co di Plaza Indonesia, Jakarta, Rabu (16/6/2022). (ANTARA/M. Baqir Idrus Alatas)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengharapkan pasar Indonesia yang didominasi oleh anak muda jangan sampai diserbu produk dari luar karena pelaku usaha tak mempunyai kemampuan untuk penetrasi pasar dalam negeri, misalnya terkait segmen gaya hidup (lifestyle).

"Saya kira soal kosmetik, fesyen, dan kuliner sudah kuat. Paling tidak di dalam negeri,” ucap Menkop di Plaza Indonesia, Jakarta, Rabu.

Saat masih bekerja menjadi Kepala Staf Kepresidenan, pihaknya melakukan survei kepada anak-anak muda.

Dia menemukan anak-anak muda dari kalangan generasi Z lebih cerdik dibandingkan generasi sebelumnya yang cenderung bergaya hidup dengan mengeluarkan nominal cukup besar, seperti meminum kopi di tempat mahal.

"Di survei terakhir, anak-anak muda ingin tetap naik kelas, konsumsi dan lifestyle mereka tetap kekinian, tetapi mereka bukan mencari brand yang mahal, tapi cari brand yang unik yang kemudian mereka menarasikan sendiri apa yang mereka konsumsi atau apa yang mereka beli di platform-platform seperti Instagram,” ungkap dia.

Misalnya, terdapat pelaku usaha sepatu yang hanya menjual produknya di musim hujan atau musim kemarau.

"Begitu pembelinya sudah mengular, malah ditutup. Kan unik, itu yang makin dicari,” ujar Teten.

Lebih lanjut, Menkop mengingatkan pelaku usaha untuk memanfaatkan teknologi digital yang berkembang pesat. Melalui sarana tersebut, berbagai jenama dari belahan dunia dapat melalukan penetrasi produk-produknya sehingga digunakan oleh masyarakat global.

"Ini harus diantisipasi betul dengan pelaku bisnis dalam negeri yang harus bisa menjadi penetrasi paling kuat di dunia. Para pelaku bisnis harus memiliki kesepahaman dengan pemerintah bahwa kita perlu memperkuat produk dalam negeri,” katanya.

Baca juga: Menkop dan UKM Teten Masduki sepakati dua solusi untuk tangani koperasi bermasalah

Baca juga: Teten Masduki terus dorong UMKM jalankan praktik ramah lingkungan demi ekonomi hijau