Menang 2-0 atas Atalanta, AC Milan kian dekat dengan Scudetto

id AC Milan,Atalanta,Serie A,Liga Italia

Menang 2-0 atas Atalanta, AC Milan kian dekat dengan Scudetto

Selebrasi Theo Hernandez setelah mencetak gol untuk AC Milan dalam pertandingan Liga Italia lawan Atalanta pada 16 Mei 2022. ANTARA/REUTERS/DANIELE MASCOLO

Jakarta (ANTARA) - Si Merah Hitam AC Milan semakin dekat dengan gelar Scudetto setelah menang 2-0 atas Atalanta pada akhir pekan ke-37 Liga Italia di San Siro yang berakhir pada Senin pagi.

Dua gol Milan masing-masing dicetak oleh Theo Hernandez dan Rafael Leao, menurut laman resmi Serie A.

Hasil ini menempatkan Milan kokoh di puncak klasemen sementara Serie A dengan 83 poin. Il Diavolo Rosso membutuhkan setidaknya satu poin lagi untuk mengunci Scudetto.

Inter Milan menjadi satu-satunya rival AC Milan. Nerazzurri mengumpulkan 78 poin dan hanya akan bermain beberapa detik melawan tuan rumah Cagliari. Jika tak menang, Milan dipastikan juara.

Kedua tim bermain cukup hati-hati selama 15 menit pertama meski Milan mendapat banyak tekanan. Tidak ada tembakan yang dilepaskan selama waktu itu.

Peluang pertama diciptakan Milan pada menit ke-20. Rafael Leao melepaskan tembakan terukur dari sisi kotak penalti, namun arah bola masih bisa ditebak oleh kiper Atalanta Juan Musso.

Atalanta menciptakan peluang pada menit ke-30 melalui tendangan Luis Muriel di luar kotak yang masih bisa diantisipasi Mike Maignan.

Empat menit kemudian, Alexis Saelemaekers melepaskan tembakan spekulatif dari jarak jauh. Kecepatan bola masih terlalu lemah untuk dihentikan oleh Musso.

Milan terus menggempur pertahanan Atalanta, namun gagal mencetak gol di babak pertama. Kedua tim harus puas dengan hasil imbang 0-0 hingga turun minum.

Tim tuan rumah akhirnya memecah kebuntuan di babak kedua, tepatnya pada menit ke-56. Junior Messias melepaskan tembakan ke pertahanan Atalanta dan disambut oleh Rafael Leao untuk kemudian mencetak gol. Skor 1-0 untuk Milan.

Atalanta berusaha mencetak gol secepat mungkin. Duvan Zapata menyia-nyiakan peluang untuk mencetak gol di menit ke-60 ketika tendangannya dari dalam kotak penalti melayang di atas tiang gawang.

Tim tamu terus menekan Milan setelah tertinggal. Namun, upaya pasukan asuhan Gian Piero Gasperini itu tak membuahkan gol.

Milan bahkan sempat memperbesar keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-75. Theo Hernandez menggiring bola dari tengah lapangan lalu melepaskan tembakan saat berada di dalam kotak penalti yang tak bisa dihentikan Musso.

Milan nyaris memperbesar keunggulan pada menit ke-85 setelah melakukan kesalahan dari pemain Atalanta di kotak penaltinya sendiri. Namun, bola liar itu gagal dimanfaatkan dengan baik oleh pemain tuan rumah.

Zapata mengancam Milan semenit kemudian. Tembakannya dari jarak dekat menggunakan bola liar masih bisa dibelokkan oleh Maignan.

Tidak ada gol tambahan yang tercipta hingga pertandingan usai. Milan memenangkan pertandingan 2-0.